Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Mitsubishi Xpander Kebakaran di Depok, Diduga Korsleting

Kompas.com - 06/04/2024, 14:42 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video viral di platform Instagram, menunjukkan LMPV Mitsubishi Xpander mengalami kebakaran di kawasan sekitar Sawangan, Depok.

Terlihat di dalam video unggahan akun @indocarstuff itu, mobil Xpander menepi di sisi jalan dengan bagian bumper depan mengaga akibat dilalap api. Beruntungnya, masyarakat sekitar sudah siaga dan berhasil mengantisipasi kebakaran dengan apar.

“Xpander mengalami musibah terbakar, penyebabnya masih belum diketahui,” tulis pengunggah video, dikutip Kompas.com Sabtu (6/4/2024).

Video viral ini telah ditonton lebih dari 200.000 netizen, dan sebagian besar memberikan pandangannya sendiri terkait apa kira-kira penyebab terjadinya kebakaran. Dugaan terbesar adalah masalah di setor kelistrikan atau korsleting.

Baca juga: Banyak Diprotes, Polisi Sebut Sosialisasi Ganjil Genap Sudah Dilakukan Jauh Hari

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indocarstuff (@indocarstuff)

“Sepertinya korsleting, mungkin sudah modifikasi lampu atau lain-lain,” ucap akun @siahlajuu.

“Ada kemungkinan masalah kabel, konslet dari pemasangan LED atau projector yang kurang proper,” ucap akun @_vineen_.

Menanggapi kejadian ini, Noval Al-Hudah, Mekanik Senior Mitsubishi Prabu Pendawa Motor menjelaskan, dugaan korsleting dan masalah kelistrikan memang bisa dibenarkan, khususnya setelah melihat posisi titik api.

Noval mengatakan, titik api nampaknya ada di bagian kanan bawah di sisi depan mobil. Area tersebut banyak diisi oleh kompartemen kelistrikan seperti kabel-kabel dan relay.

Baca juga: Tips Menjaga Sirkulasi Udara Kabin Mobil Saat Mudik Lebaran

Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi. Dok. MMKSI Ilustrasi mekanik mengecek mobil di bengkel Mitsubishi.

“Itu Xpander all new tahun 2021. Kebakarannya fix bukan karena aki karena posisinya di bagian kiri depan. Bukan karena tanki (BBM) bocor juga karena posisinya di tengah. Kalau di kanan bawah depan itu cuma ada kabel, kemungkinan korsleting,” ucap Noval saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (6/4/2024).

Noval menjelaskan, kendala-kendala korsleting umumnya dialami pengguna yang terlalu banyak melakukan variasi, namun tidak memperhatikan faktor keselamatan seperti tegangan maksimal, relay, dan sejenisnya.

“Kalau dilihat di video, Xpandernya itu sudah lumayan banyak variasi, bumper depannya sudah pakai kit dan peleknya custom juga. Ada dugaan terbakarnya karena salah variasi juga,” ucap dia.

Belajar dari kasus ini, Noval mengimbau semua pengguna mobil untuk berhati-hati saat hendak melakukan variasi, khususnya yang berkaitan dengan sektor kelistrikan. Jika eksekusinya keliru, bukan tidak mungkin akan terjadi korsleting dan berujung kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com