Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkot Bogor Gandeng PLN Luncurkan Angkot Listrik ALIBO

Kompas.com - 04/04/2024, 18:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Pemerintah semakin gencar menyuluh program elektrifikasi nasional dan anjuran untuk menciptakan ekosistem serta beralih ke kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB).

Percepatan implementasi KLBB diyakini akan mendukung pengurangan impor energi khususnya Bahan Bakar Minyak (BBM) yang juga mendukung ketahanan energi nasional, serta pencapaian target Net Zero Emmision di tahun 2060.

Sebagai langkah dukungan akan program elektrifikasi nasional, Pemerintah Kota Bogor resmi meluncurkan Uji Coba Penyelenggaraan Angkutan Umum Perkotaan Berbasis Listrik di Kota Bogor (ALIBO) yang bertempat di Halte Cidangiang, Kamis (4/4/2024).

Totalnya ada 5 angkot listrik yang dioperasikan untuk program uji coba area 30 titik rute pemberhentian di Kota Bogor selama tiga bulan ke depan, hingga 3 Juli 2024.

Baca juga: Bahaya, Jangan Mengemudi Non-stop Saat Mudik Lebaran

Pemkot Bogor resmi meluncurkan lima unit angkot listrik beroperasi di jalanan Kota Bogor selama masa uji coba tiga bulan, Kamis (4/4/2024).KOMPAS.com/ RUBY RACHMADINA Pemkot Bogor resmi meluncurkan lima unit angkot listrik beroperasi di jalanan Kota Bogor selama masa uji coba tiga bulan, Kamis (4/4/2024).

Eko Suharno, Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat mengatakan, PLN sangat antusias menyambut acara launching uji coba penyelenggaraan angkutan umum perkotaan berbasis listrik di kota Bogor ini.

“Acara pada hari ini bukan hanya sebuah tonggak sejarah bagi transportasi umum di kota Bogor, tetapi juga merupakan langkah menuju masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan,” kata Eko dalam keterangannya, Kamis (4/4/2024).

Penjelasan senada juga disampaikan Irwanto Wahyu Kusumo, Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bogor. Dia mengungkap jika pihaknya telah menambahkan satu unit SPKLU yang berlokasi di kantor PLN UP3 Bogor.

Baca juga: Kenali 3 Tipe Rest Area di Tol Trans-Jawa, Jangan Salah Masuk

5 unit angkot listrik akan beroperasional di Kota Bogor.istimewa 5 unit angkot listrik akan beroperasional di Kota Bogor.

“Kami sediakan secara khusus SPKLU untuk ALIBO yang akan digunakan untuk mengisi daya. Kami berkolaborasi dengan PT Tri Energi Berkarya untuk penyediaan charger ALIBO," kata Irwanto.

Pada kesempatan terpisah, Susiana Mutia, General Manager PLN UID Jawa Barat, menyatakan, PLN siap mendukung penyelenggaraan angkutan umum perkotaan berbasis listrik di kota Bogor.

Agenda selanjutnya yang siap digagas adalah memastikan tersedianya infrastuktur stasiun pengisian kendaraan listrik yang handal dan dikhususkan hanya untuk angkutan umum listrik di kota Bogor.

“Semoga dengan adanya ALIBO ini dapat menjadi langkah awal sinergi dalam penerapan green energy yang ramah lingkungan sehingga tujuan kita dalam menuju net zero emission pada tahun 2060 dapat terwujud,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com