Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Memilih Rute Perjalanan Mudik Lebaran yang Tepat

Kompas.com - 04/04/2024, 12:22 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Pemilihan rute sebelum melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 menjadi salah satu yang perlu dilakukan. Pemudik bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk memilih jalur.

Dengan memilih rute yang tepat, pemudik bisa meminimalkan risiko kemacetan dan dapat memperkirakan waktu tempuh dengan lebih akurat.

Selain itu, juga bisa membuat pemudik menemukan fasilitas penting seperti SPBU, rest area dan tempat istirahat.

Baca juga: Ragam Promo Servis Mobil Jelang Mudik Lebaran 2024

Jalur Lamaran-Krasak  jalur alternatif mudik bagi sepeda motor di Karawang, Jawa Barat yang mulai diperbaiki.KOMPAS.com/FARIDA Jalur Lamaran-Krasak jalur alternatif mudik bagi sepeda motor di Karawang, Jawa Barat yang mulai diperbaiki.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, ketikan mencari rute, pilihlah jalan yang kondisinya menguntungkan.

“Memilih rute mudik perlu disesuaikan dengan kondisi yang menguntungkan, salah satunya yaitu aman, artinya pengemudi sudah familiar dengan lingkungan yang akan dilewati, termasuk memastikan jauh dari kejahatan, bahaya alam dan kenal karakter masyarakat,” kata Sony kepada Kmpas.com belum lama ini.

Sony juga mengatakan, pemilihan rute juga perlu memperhatikan jenis kendaraan supaya bisa dilewati dengan mudah.

Baca juga: Jadwal Operasional Jalur Fungsional Tol Solo-YIA Kulon Progo Selama Musim Mudik

Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).KOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas jelang penutupan Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022).

“Perhatikan lebar jalan, kontur jalan yang naik turun, lalu cukup terdapat pom bensin dan ada space untuk istirahat,” kata Sony.

Menurut Sony, pemilihan rute yang bebas macet juga diperlukan, lebih baik pilih jalan sedikit memutar tapi lancar daripada terjebak macet.

“Untuk memilih rute, salah satunya bisa mengandalkan Google Maps dan dikolaborasikan dengan pengetahuan kita terhadap kondisi jalan tersebut, setelah itu bisa melakukan perjalan dengan mantap,” kata Sony.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com