Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Bus Sleeper Jelang Lebaran Naik 40 Persen

Kompas.com - 04/04/2024, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Okupansi bus antarkota antarprovinsi (AKAP) menjelang Lebaran mengalami peningkatan siginifikan. Tak heran bila harga tiket bus AKAP ikut terkerek seiring dengan banyaknya permintaan.

Salah satu perusahaan otobus (PO) yang melakukan penyesuaian harga tiket adalah Sembodo, yang berfokus melayani rute Jakarta-Sumatera Barat.

Kisnanto H Pribowo, Management PO Sembodo, mengatakan, harga tiket bus kelas sleeper atau kelas teratas naik hingga lebih dari 40 persen menjelang Lebaran.

Baca juga: VCR Jadi Alasan Penerapan Ganjil Genap saat Mudik Lebaran

Ilustrasi kabin sleeper busInstagram @tentrembusofficial Ilustrasi kabin sleeper bus

“Kalau hari biasa anggaplah yang sleeper di angka Rp 900.000. Tapi kalau Lebaran, kelas sleeper bisa di angka Rp 1,3 juta,” ujar Bowo kepada Kompas.com belum lama ini.

Bowo menambahkan, penumpang bus-bus jurusan Sumatera sudah ramai dan mulai berangkat sejak akhir Maret 2024. Sebab, durasi perjalanan menuju Sumatera memakan waktu yang tidak sebentar.

“Kalau (permintaan) bus tinggi banget, biasa kalau mau Lebaran. Makanya, kami di manajemen lebih banyak mengurus yang bus,” ucap Bowo.

“Kalau mobil passenger kami di angka 100-an unit, kalau bus masih angka puluhan unit. Tapi kan secara traffic okupansinya lebih tinggi bus. Untuk saat ini di atas 90 persen, kami arahkan ke Sumatera,” ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com