Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Listrik Fuso eCanter Bakal Fokus di Jabodetabek

Kompas.com - 28/03/2024, 17:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

LAMPUNG, KOMPAS.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors sebagai distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso, memastikan bahwa truk listrik eCanter akan meluncur pada Juli 2024.

Meski begitu, pada tahan awal Fuso eCanter ini hanya akan tersedia untuk wilayah Jabodetabek, yang menjadi fokus penyebaran ekosistem kendaraan listrik.

“Kami sedang memeprsiapkan eCanter sebagai basis truk listrik pertama di Indonesia. Memang ini sebagai awal kita fokus ke Jabodetabek,” ujar Aji Jaya, Sales and Marketing Director PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors di Lampung (26/3/2024).

Baca juga: Benarkah Kabel Gas Nyangkut Jadi Sebab Kecelakaan Truk di GT Halim?

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanterKOMPAS.COM/JANLIKA PUTRI Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter

Menurutnya, Mitsubishi Fuso masih akan melakukan studi dan evaluasi sebelum akhirnya menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Seperti diketahui, Mitsubishi Fuso telah melakukan Proof of Concept (PoC) terhadap eCanter sejak dua tahun lalu

“(Truk listrik) eCanter akan diluncurkan pertengahan tahun ini di area terbatas, lalu kita studi lagi, evaluasi lagi, supaya ketika ingin diperluas areanya, ke depannya bisa lebih baik,” ucap Aji.

Baca juga: Sebelum Kecelakaan Beruntun, Truk ODOL Ternyata Tabrakan dengan Xpander

Aji menambahkan, Fuso eCanter sebetulnya memiliki potensi besar untuk dipasarkan di seluruh wilayah Indonesia. Namun demikian, pihaknya belum mau terburu-buru untuk melepasnya ke sejumlah daerah.

“Saya pikir ada (potensinya). Apalagi saat ini banyak kota yang sudah dihubungkan jalan tol. Potensinya sangat besar, kami akan melihat hasil dari penjualan atau pilot project,” kata Aji.

“Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik buat konsumen. Tentunya kami mendukung ketentuan pemerintah terkait percepatan kendaraan listrik,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com