Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Truk Listrik Fuso eCanter Mulai Dijual Saat GIIAS 2024

Kompas.com - 10/03/2024, 11:29 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Truk listrik Mitsubishi Fuso New eCanter atau Next Generation eCanter resmi meramaikan persaingan pasar kendaraan niaga bertenaga listrik.

Next Generation eCanter sendiri pertama kalinya diluncurkan pada September 2022 di Jepang. Kendati sudah tidak asing lantaran kerap mejeng pada beberapa pameran otomotif, kehadiran eCanter di pasar nasional saat ini masih tahap pengenalan saja. Maka dari itu belum ada harga penjualan resmi.

Bahkan truk listrk ini telah melakukan pengujian proof of concept (POC) dengan delapan perusahan logistik yang ada di Tanah Air. 

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2024, Martin Juara

Aji Jaya, Wakil Direktur Pemasaran PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan, setelah melewati serangkaian proses truk listrik Fuso eCanter akan dipastikan meluncur di Indonesia tahun 2024.

"Sesuai rencana kami pada GIIAS tahun lalu kalau eCanter ini akan meluncur resmi pada tahun 2024. Maka kami berharap bisa meluncurkan di GIIAS 2024," kata Aji, Jumat (8/3/2024).

Aji juga mengatakan, proses POC berjalan sesuai rencana dan mendapatkan respon positif dari sejumlah perusahaan yang ikut serta. Maka dari itu, Aji optimistis truk listrik ini bisa meluncur pada tengah tahun ini lewat ajang GIIAS 2024.

New Fuso eCanter di GIIAS 2023KOMPAS.com/ JANLIKA PUTRI New Fuso eCanter di GIIAS 2023

Baca juga: Hasil Sprint Race MotoGP Qatar 2024, Martin Juara

Daisuki Okamoto, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), mengatakan, kehadiran Fuso eCanter dalam persaingan kendaraan niaga Tanah Air akan mendukung pemerintah untuk menjaga keberlangsungan hidup. Sebab kendaraan ini diklaim rebih ramah lingkungan. 

"Dalam satu tahun ini kita sudah pernah perkenalkan eCanter di pasar Indonesia untuk memberikan kesempatan konsumen terbiasa teknologi ini. Peluncuran eCanter mudah-mudahan GIIAS 2024 nanti," kata Okamoto pada acara yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com