Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacana Metode Tukar Baterai untuk Fuso eCanter

Kompas.com - 10/03/2024, 17:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam waktu dekat ini truk listrik Mitsubishi Fuso akan segera meramaikan pasar kendaraan niaga Indonesia. Sinyal peluncuran menyebutkan eCanter akan meluncur di ajang GIIAS 2024 mendatang. 

Aji Jaya, Sales and Marketing Director PT.KTB mengatakan, setelah selama ini telah melewati tahap pengenalan kepada pasar dan juga proof of concept (PoC) dengan sejumlah perusahaan, eCanter mendapatkan masukan utama terkait jarak tempuh baterai.

Maka dari itu dari PoC tersebut KTB mendapatkan saran terkait metode penukaran baterai. 

Baca juga: Update Harga Avanza dan Xenia Bekas, Mulai Rp 70 Jutaan

“Jarak tempuh eCanter saat ini 140 km, masukan dari perusahaan yang mengikuti PoC menyarankan jarak tersebut ditambah. Mitsubishi Fuso selalu lakukan inovasi-inovasi, termasuk soal teknologi swap baterai eCanter,” kata Aji, Jumat (8/3/2024). 

Oleh karena itu, saat ini Mitsubishi Fuso juga tengah mengkaji kemungkinan menggunakan teknologi penukaran baterai eCanter di pasar Indonesia. Hal ini untuk mendukung penjualan eCanter.

Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter KOMPAS.COM/JANLIKA PUTRI Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter

Baca juga: Bolehkah Oli CVT Nissan Grand Livina Pakai Idemitsu?

Teknologi swap baterai sendiri akan memudahkan pengguna eCanter menukar baterai truk apabila daya baterai habis. Sehingga pengendara truk tidak perlu menunggu waktu lama mengisi daya baterai. 

Sebagai informasi, teknologi swap baterai eCanter juga telah diperkenalkan Fuso pada ajang Japan Mobility Show (JMS) 2023.

“Nantinya kita akan memperkenalkan swap battery bekerjasama dengan perusahan teknologi. Apakah akan diterapkan, kita sedang pelajari. Pastinya ada proses,” kata Aji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com