Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aprilia Pakai Buntut Motor Nyeleneh di Tes Pramusim MotoGP

Kompas.com - 07/02/2024, 07:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada hari pertama tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Aprilia tampil cukup unik kalau tidak dibilang nyeleneh, dengan memasang tiang-tiang di bagian buntut motor yang dipakai Miguel Oliveira.

Wujudnya seperti antena televisi, tampak dengan tiang-tiang disusun, dipasang tegak pada bagian buntut RS-GP 2024. Alat seperti ini sebenarnya awam di Formula1, cuma di MotoGP, Aprilia jadi pabrikan pertama yang menggunakannya.

Dikutip dari Motosprint, aerodinamika memiliki peranan penting di MotoGP lima tahun terakhir. Aprilia dan Ducati bisa dibilang paling inovatif menciptakan motor dengan aerodinamika tinggi, dari winglet, spoiler di swingarm belakang, sampai paling terakhir ada spoiler di buntut motor.

Baca juga: Desain Livery Tim Yamaha MotoGP Musim 2024 Masih Sama

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP™ (@motogp)

 

Tiang tersebut atau sebutannya aero rakes sudah menjadi solusi di Formula1. Fungsinya adalah mengukur kualitas dari aliran udara dan sebenarnya digunakan di terowongan udara (wind tunnel), bahkan bisa dipasang sampai 500 sensor.

Sedangkan yang dipakai di motor Oliveira, kabarnya dipasang 50 sensor. Nantinya, alat tersebut memetakan kecepatan dan arah dari udara yang ada di bagian belakang motor, jadi bisa disesuaikan butuh spoiler seperti apa yang pas.

Baca juga: Update Harga Ban Motor pada Februari 2024


Jadi Aprilia punya data yang lengkap, bisa dimasukkan ke simulasi yang ada di terowongan udara. Akhirnya, bisa dibuat alat yang meningkatkan beban aerodinamika, bikin motor balap Aprilia ini makin lekat ke aspal saat berbelok.

Mari kita lihat saja nantinya bentuk spoiler baru dari Aprilia berdasarkan data yang sudah terkumpul dari alat baru tersebut. Makin ke sini MotoGP sudah makin mirip Formula1 saja, kelewat canggih kendaraannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com