Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ducati Menentang Hak Konsesi Aprilia dan KTM

Kompas.com - 20/01/2024, 11:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda dan Yamaha mendapatkan status konsesi untuk musim 2024, termasuk Aprilia dan KTM. Ternyata, Ducati mengaku menentang kedua pabrikan Eropa tersebut mendapatkan hak konsesi.

Honda dan Yamaha jauh dari kompetitif selama beberapa musim belakangan ini. Makanya, Dorna Sports memberikan hak konsesi agar kedua pabrikan Jepang ini bisa mengejar ketertinggalan dari rival-rival lainnya.

Baca juga: Lorenzo Pede Masih Bisa Jadi Juara Dunia Pakai Motor Ducati Sekarang

General Manager Ducati Corse Gigi Dall'Igna mengatakan, Ducati tidak keberatan untuk membantu pabrikan lain agar bisa kompetitif. Asalkan, pabrikan tersebut memang pantas untuk dibantu.

Pebalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin (kanan), bertarung dengan pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, dalam sprint race MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi, Motegi, Sabtu (30/9/2023).AFP/TOSHIFUMI KITAMURA Pebalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin (kanan), bertarung dengan pebalap Red Bull KTM, Brad Binder, dalam sprint race MotoGP Jepang 2023 di Sirkuit Motegi, Motegi, Sabtu (30/9/2023).

"Kami tidak menentangnya. Faktanya, kami selalu mendukung untuk membantu mereka," ujar Dall'Igna, dikutip dari Crash.net, Sabtu (20/1/2024).

"Dari sudut pandang saya, setiap kali pabrikan mengalami kesulitan, selalu tepat untuk membantu mereka tumbuh, untuk membantu mereka mengejar ketertinggalan dari pabrikan lain yang sudah lebih dulu menang," kata Dall'Igna.

Baca juga: Selain Martin, Bezzecchi Juga Incar Kursi Tim Pabrikan Ducati

Komentar tersebut ditujukan kepada Honda dan Yamaha, yang keduanya mengalami musim yang sangat sulit di sepanjang 2023. Pada sisi lain, Aprilia dan KTM secara konsisten mampu menantang Ducati.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), membayangi pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, pada sesi Kualifikasi 2 MotoGP Mandalika 2023 yang digelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (14/10/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Australia 2023.ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO S Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (kiri), membayangi pebalap Aprilia, Aleix Espargaro, pada sesi Kualifikasi 2 MotoGP Mandalika 2023 yang digelar di Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, pada Sabtu (14/10/2023). Artikel ini berisi jadwal MotoGP Australia 2023.

Aturan konsesi yang baru telah memungkinkan Aprilia dan KTM mendapatkan sedikit keuntungan. Dall'Igna mengatakan bahwa hal ini bukanlah bagian dari rencana.

"Saya sepenuhnya menentang pemberian konsesi kepada Aprilia dan KTM. Untuk yang pertama memenangkan dua balapan, dan yang kedua naik podium di hampir setiap seri di bagian terakhir musim ini. Saya tak mengerti mengapa kami harus memberi mereka kemudahan," ujarnya.

Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024@mj_photogp Fabio Quartararo saat menjalani sesi tes Valencia MotoGP 2024

Dall'Igna mengatakan, Ducati terpaksa menerima konsesi tersebut karena berpikir lebih penting untuk menyelamatkan Honda dan Yamaha. Meskipun, tidak puas dengan keuntungan yang didapat oleh Aprilia dan KTM.

"Jika Honda memutuskan untuk keluar dari Kejuaraan Dunia MotoGP, itu akan menjadi masalah bagi semua orang. Untuk membantu Yamaha dan Honda, kami harus menerima konsesi kepada yang lain, itulah yang kami sepakati. Semakin kompetitif merek-merek tersebut, maka MotoGP akan semakin baik," kata Dall'Igna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com