Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat Daftar Perawatan Setelah Mobil Menerjang Banjir

Kompas.com - 23/03/2024, 09:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sejumlah jalan raya di wilayah Indonesia sempat terendam banjir sehingga membuat kemacetan lalu lintas di beberapa titik.

Selain merugikan bagi kelancaran mobilitas warga, genangan air juga bisa merugikan kendaraan yang digunakan karena akibat banjir beberapa kerusakan bisa terjadi.

Maka dari itu, setelah mobil menerjang banjir disarankan untuk melakukan perawatan agar komponen tetap dalam kondisi prima.

Baca juga: Antisipasi Banjir Pantura, Salatiga Bersiap Sambut Lonjakan Pemudik

Terpantau muncul genangan air setinggi 10 cm di Ruas Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta, mulai dari Km 26 dan arah Jakarta di Km 25+100 dan Km 31.Dok. Jasa Marga Terpantau muncul genangan air setinggi 10 cm di Ruas Tol Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta, mulai dari Km 26 dan arah Jakarta di Km 25+100 dan Km 31.

Pemilik Everest Motor Bintaro Eko Setiawan mengatakan, setelah menerjang genangan air maka akan ada potensi bagian mobil mengalami basah, jika dibiarkan bisa merusaknya,

“Khususnya pada bagian rem, jika mobil menerjang genangan air pasti dia akan basah bahkan lebih berpeluang kotor, maka dari itu sebaiknya dibersihkan setelahnya,” ucap Eko kepada Kompas.com, Jumat (22/3/2024).

Eko mengatakan, beberapa kasus akibat menerjang genangan air kampas rem pada mobil menjadi lengket karena air hujan sifatnya korosif.

Baca juga: Hujan Deras, Tol Bandara Soekarno-Hatta Banjir hingga 40 Cm

Pengendara sepeda motor mematikan mesin dan mendorong motornya karena banjir di Jalan Kapuk Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (22/3/2024). KOMPAS.com/ZINTAN PRIHATINI Pengendara sepeda motor mematikan mesin dan mendorong motornya karena banjir di Jalan Kapuk Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (22/3/2024).

“Kampas rem basah bisa bereaksi dengan piringan rem atau tromol yang terbuat dari material logam, jika keduanya menempel dalam kondisi basah sampai mengering maka biasanya akan membuat roda macet,” ucap Eko.

Maka dari itu, Eko menyarankan perawatan rem diperlukan setelah mobil menerjang banjir terlebih lagi rem merupakan komponen penting guna menjamin keselamatan pengendara.

“Selain pembersihan rem, mobil juga sebenarnya perlu dibilas atau dicuci pada bagian yang terkena air kotor, tujuannya agar tidak menimbulkan karat,” ucap Eko.

Genangan air juga biasanya mengandung kotoran dan bisa tersangkut pada kolong-kolong mobil mulai dari paling depan area radiator, kaki-kaki, bumper dan terus sampai belakang.

Baca juga: Perlukah Mobil Menyalakan Lampu Hazard Saat Terjang Banjir?

Program Ramadhan Campaign ?Movement to Fitr? Kia memberikan diskon jasa servis kendaraan sebesar 15 persen dan diskon suku cadang sebesar 10 persen.Kia Program Ramadhan Campaign ?Movement to Fitr? Kia memberikan diskon jasa servis kendaraan sebesar 15 persen dan diskon suku cadang sebesar 10 persen.

Kotoran tersebut menurut Eko perlu dibersihkan, terutama pada bagian radiator agar tidak mengganggu kinerja sistem pendingin. Maka dari itu mobil perlu dicuci setelah menerjang genangan air.

Konsumen juga perlu memastikan genangan air tidak membuat karpet dasar mobil basah. Jika air sampai masuk kabin maka wajib segera dikeringkan agar tidak menimbulkan kerusakan lain.

“Jika karpet dasar mobil basah, dibiarkan maka akan menyebabkan bau apek di kabin, selain itu berpotensi membuat lembab benda-benda di sekitarnya, padahal di dalam kabin biasanya ada perangkat elektronik yang tidak boleh basah,” ucap Eko.

Eko mengatakan beberapa komponen elektronik di dalam kabin ada modul airbag, audio system dan lain sebagainya. Semuanya harus dalam kondisi kering agar tidak rusak.

Baca juga: Minta Pemerintah Benahi Banjir, Pengendara Motor: Nyusahin Warga kalau kayak Gini!

Cek oli mesin lewat dipstickTangkapan layar Cek oli mesin lewat dipstick

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan genangan air berpeluan mengkontaminasi oli mesin, transmisi dan gardan.

“Air dari luar bisa bercampur dengan oli, ini biasanya jarang disadari oleh pemilik dan akan ketahuan bila sudah muncul gejala kerusakan seperti suara kasar dan sebagainya,” ucap Hardi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kualitas oli yang menurun tidak akan terdeteksi oleh sistem kecuali dilakukan pemeriksaan setelahnya. Padahal penurunan kualitas oli dapat merusak komponen yang dilumasi.

Baca juga: Jokowi Soroti Pembalakan Liar Jadi Penyebab Banjir dan Tanah Longsor, Perlu Dicegah


“Sehingga ketika air mengkontaminasi oli, baik di mesin, transmisi atau gardan pengendara tidak akan langsung mengetahuinya tanpa melakukan pemeriksaan, sehingga, ada kewajiban untuk memeriksa kualitas oli setelah mobil menerjang genangan air,” ucap Hardi.

Berikut ini daftar perawatan mobil setelah menerjang genangan air:

  • Servis rem
  • Periksa karpet dasar
  • Cuci kolong mobil
  • Periksa kualitas oli
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com