Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Aman Knalpot Motor Keluar Asap Saat Terjang Banjir?

Kompas.com - 23/03/2024, 04:02 WIB
Selma Aulia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Selama musim hujan, jalanan di beberapa daerah Indonesia digenangi air. Tidak jarang, banjir juga terjadi dan menghambat perjalanan.

Namun, tidak sedikit pengendara motor yang nekat melewati banjir meski tahu tindakan ini memiliki risiko serius. Salah satunya adalah keluarnya asap putih di knalpot.

Andre, Pemilik Workshop Dhinata Jaya Garage Wonogiri, Jawa Tengah mengatakan, asap yang keluar pada knalpot ketika menerjang banjir tidak masalah.

Baca juga: Chery Indonesia Pastikan Jaecoo 7 Tidak Meluncur Tahun Ini

Banjir terjadi di Jalan Kapuk Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (22/3/2024). KOMPAS.com/ZINTAN PRIHATINI Banjir terjadi di Jalan Kapuk Raya, Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (22/3/2024).

“Itu efek karena mesin dalam keadaan panas terus kena air jadi begitu. Kalau menurut saya itu tidak apa-apa sih, selama motornya enggak macet,” kata Andre kepada Kompas.com, Jumat (23/3/2024).

Meski efek tersebut terbilang aman, namun tetap ingat batas aman sepeda motor menerjang banjir, jangan sampai lebih karena ditakutkan kendaraan akan mogok atau terkena water hammer.

“Paling aman seperempat dari diameter roda,” kata Andre.

Baca juga: Ini Komponen Modifikasi Paling Banyak Dibeli di Toyota GR Garage

Andre juga mengimbau, jika air terlanjur mogok jangan langsung dihidupkan karena bisa berakibat fatal.

“Sebaiknya si air yang di ruang bakar dikeluarkan terlebih dahulu dengan membongkar mesin ataupun dikeluarkan lewat lubang busi,” kata Andre.

Andre menyarankan, jika tidak bisa melakukannya sendiri lebih baik dibawa ke bengkel supaya ditangani oleh mekaniknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com