Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Bebek Honda Astrea Prima Bisa Berenang Lewati Banjir

Kompas.com - 03/03/2024, 08:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Umumnya sepeda motor akan mogok saat melewati genangan air terlalu tinggi. Penyebabnya berbagai macam, mulai busi basah basah terkena air, atau air masuk ke ruang pembakaran.

Namun rupanya hal tersebut tak berlaku buat "bebek jadul" Honda Astrea Prima yang videonya viral di akun Instagram mototraveluk. Motor tersebut mampu berenang melewati genangan air melebihi tinggi setang.

Baca juga: Filter BBM Kotor Bisa Bikin Mobil Gagal Nanjak?

Dalam video terlihat Astrea Prima tersebut melewati genangan air di sebuah "rawa" berair keruh. Terlihat juga bahwa sang pengendara memegang selang besar yang ditengarai merupakan pipa seperti snorkel.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoTravel (@mototraveluk)

Selang tersebut mencuat ke atas dan ditengarai tersambung dengan karburator. Sehingga piranti tersebut tetap bisa mendapat pasokan udara meski mesin dan knalpot terendam air.

Kemudian dalam video juga terlihat ada botol dengan cairan berwarna kuning yang diletakkan di bagian tengah motor. Diduga itu ialah bensin yang ditaruh di dalam wadah botol plastik.

Komentar video tersebut pun menarik. Dalam unggahannya sang narator membandingkan bebek yang berusia sekitar 35 tahun tersebut dengan BMW GS, motor adventure besar keluaran pabrikan Jerman.

Baca juga: Kesalahan Pengemudi yang Bisa Bikin Mobil Matik Gagal Menanjak

"So you think your BMW GS can go it all?," tulis keterangan video yang berarti "Jadi menurutmu BMW GS Anda bisa melakukan semuanya?" dilansir Kompas.com, Minggu (3/3/2024).

Para relawan evakuasi korban banjir di Kabupaten Demak, Sabtu (10/2/2024). (KOMPAS.COM/NUR ZAIDI)KOMPAS.COM/NUR ZAIDI Para relawan evakuasi korban banjir di Kabupaten Demak, Sabtu (10/2/2024). (KOMPAS.COM/NUR ZAIDI)

Di sisi lain, walaupun video tersebut menghibur pengendara motor sebaiknya tidak mencobanya. Sebab motor jalan raya memang tidak dirancang untuk menerabas air yang terlalu tinggi.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, ketika sepeda motor akan melewati banjir, perhatikan dulu ketinggian airnya karena batas aman bisa melewati banjir tidaklah tinggi.

Baca juga: Memaksakan Busi Akibatkan Mobil Gagal Menanjak

“Selama ketinggian air masih di bawah ujung knalpot sepeda motor masih aman melintasi di lokasi yang banjir,” kata Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Apabila air terlihat lebih tinggi dari ujung knalpot, lebih baik jangan nekat menerobos banjir. Akibatnya, air bisa masuk ke ruang mesin lewat knalpot, tentunya membuat macet atau mesin mogok.

Honda Astrea Prima 1989 retorasi Foto: Istimewa Honda Astrea Prima 1989 retorasi

Kemudian, Kepala Bengkel Bintang Motor Depok Ribut Wahyudi mengatakan mesin motor tidak boleh dinyalakan paksa, saat air masuk ke dalam knalpot.

Baca juga: Kesalahan Pengemudi yang Bisa Bikin Mobil Matik Gagal Menanjak

Dalam kondisi darurat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengeluarkan air dari dalam knalpot.

"Angkat ban depan hingga tegak, agar air keluar lewat lubang buang knalpot," kata Ribut.

Jangan paksa nyalakan mesin, untuk menghindari water hammer yang merupakan kondisi di mana air masuk ke dalam mesin atau ruang pembakaran, sehingga komponen mesin yang lain bisa terancam rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com