Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik 2024, Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Beroperasi Fungsional

Kompas.com - 20/03/2024, 11:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Paket 3 sepanjang 61,8 kilometer (km), diupayakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Pekerjaan Rakyat (PUPR) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), selesai pembangunannya pada 2024 ini.

Direktur Jalan Bebas Hambatan Bina Marga Triono Junoasmono menjelaskan, proses pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan dilakukan secara bertahap.

"Saat ini tengah dilakukan penyelesaian konstruksi Paket 3 yang menghubungkan Sukabungah-Sadang (31,25 Km) dengan progresnya telah mencapai 86,08 persen yang ditargetkan selesai di kuartal 3 tahun 2024," ujar Triono, dari situs resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Mudik 2024, Menhub Sebut Ada Diskon Tarif Tol dan Transportasi

Untuk Paket 3 sendiri, akan dilakukan uji coba fungsional beberapa km saat mudik Lebaran sesuai diskresi kepolisian, yakni sepanjang 8,5 Km dari Sadang menuju Kutanegara.

Akses GT Tamanmekar, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang tengah dalam pengerjaan, Jumat (7/4/2023)KOMPAS.COM/FARIDA Akses GT Tamanmekar, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang tengah dalam pengerjaan, Jumat (7/4/2023)

Triono mengatakan, fungsional tersebut direncanakan hanya untuk satu arah dari Bandung, Purwakarta, masuk Kutanegara, dan dilanjutkan ke jalan provinsi. Dengan demikian, pengendara bisa keluar di Karawang Timur atau Karawang Barat.

Sementara untuk Paket 2 yang menghubungkan Setu-Sukagaram-Sukabungah, saat ini prosesnya sudah tahap konstruksi dan pembebasan lahan yang ditargetkan selesai pada Kuartal I 2025.

"Kemudian yang terakhir pada Paket 1 yang menghubungkan Jatiasih-Setu sepanjang (7,25 Km) ditargetkan selesai konstruksinya setelah 2024 yakni kuartal 3 tahun 2028," kata Triono.

Kehadiran Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang melintasi kota Bekasi, Karawang, dan kabupaten Purwakarta dapat menjadi alternatif pengguna jalan dari Jakarta bisa dari Jatiasih langsung ke Purwakarta serta akan tersambung ke akses Pelabuhan Patimban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com