Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor, Penjualan Lexus di Indonesia Terbanyak se-Asia Pasifik

Kompas.com - 21/12/2023, 15:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus berhasil mencetak rekor penjualan selama beroperasi di Indonesia pada 2023 ini.

General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma mengatakan, hal tersebut seiring dengan peningkatan penjualan yang signifikan sepanjang periode Januari-November 2023 menjadi lebih dari 2.000 unit.

"Total penjualan di Indonesia pada tahun ini sampai November sudah lebih dari 2.000 unit. Jumlah ini lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, tepatnya 130 persen," kata Bansar dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Setel Musik Bisa Buat Berkendara Lebih Fokus?

GM Lexus Indonesia Bansar Maduma bersama All New Lexus RZKOMPAS.com/Ruly Kurniawan GM Lexus Indonesia Bansar Maduma bersama All New Lexus RZ

Tidak sampai di sana, untuk kali pertamanya juga Lexus berhasil meraih total market share 22 persen dalam segmen premium.

Biasanya, sejak hadir di Tanah Air pada 2007, penguasaan pasar dari mobil mewah Toyota ini hanya mencapai level 10-15 persen.

Menurut Bansar, kondisi dimaksud tidak lepas dari langkah strategis Lexus yang secara konsisten dan bertahap menghadikan produk yang diinginkan konsumen premium di Indonesia, termasuk mobil elektrifikasi.

Terbukti dari total penjualan itu, sebanyak 74 persennya datang dari kendaraan listrik yang mencakup teknologi Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan Battery Electric Vehicle (BEV).

"Adapun tiga produk elektrifikasi terlaris kami ialah RX 350h, LM 350h, dan ES 300h. Kami berterima kasih sekaligus bersyukur bahwa produk elektrifikasi Lexus dapat diminati sangat antusias oleh masyarakat Indonesia," ucap Bansar.

Baca juga: 4 Tips Mengemudikan Mobil Saat Jalan Macet Selama Libur Nataru

Lexus LM Hybrid 4 seaterLexus Indonesia Lexus LM Hybrid 4 seater

Dalam kesempatan sama, Bansar memastikan komitmen perseroan agar dapat berkontribusi terhadap adopsi penggunaan kendaraan listrik di dalam negeri sebagai upaya mencapai netralitas karbon pada 2035.

Komitmen ini salah satunya memastikan semua produk Lexus yang dipasarkan di Tanah Air ialah kendaraan elektrifikasi.

"Secara bertahap kita dorong masyarakat untuk melakukan peralihan ke kendaraan listrik murni pada 2035. Pada 2025 nanti, kami berkomitmen untuk hanya menjual mobil elektrifikasi," ucap Bansar.

"Adapun saat ini, Lexus Indonesia merupakan kontributor tertinggi atas penjualan Lexus di seluruh Asia Pasifik," tutup dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com