Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Mulai Kirim Mobil Listrik Perdananya Bulan Ini

Kompas.com - 13/03/2024, 13:43 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber Reuters

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen teknologi asal China, Xiaomi, dilaporkan akan mengirim produk kendaraan roda empat berbasis listrik pertamanya pada akhir Maret 2024 ini.

Melansir Reuters pada Selasa (12/3/2024), mobil jenis sedan bernama Speed Ultra 7 (SU7) ini bakal dikirim ke 59 toko utamanya di 29 kota seluruh negeri mulai 28 Maret 2024.

Dengannya, penetrasi industri kendaraan listrik (electric vehicle/EV) asal China dipastikan semakin menguat. Apalagi, saat ini penjualan EV di sana sedang naik 18 persen per-kuartal I/2024.

Baca juga: Indonesia Siap Jadi Negara Pertama ASEAN yang Produksi Baterai EV

Mobil listrik Xiaomi SU7 Max yang dipamerkan di booth Xiaomi di arena Mobile World Congress 2024 di Barcelona, SpanyolKOMPAS.com/ OIK YUSUF Mobil listrik Xiaomi SU7 Max yang dipamerkan di booth Xiaomi di arena Mobile World Congress 2024 di Barcelona, Spanyol

Pada peluncurannya pada Desember 2023 lalu, Chief Executive Lei Jun mengatakan Xiaomi berencana menjadi salah satu dari lima produsen mobil teratas dunia.

SU7, disebut-sebut Lei, memiliki teknologi "motor listrik super" yang bisa memberikan kecepatan akselerasi lebih cepat dari Tesla dan EV milik Porsche.

Para analis mengatakan sistem operasi mobil yang dipakai bersama dengan ponsel populer Xiaomi dan perangkat elektronik lainnya akan menarik bagi pelanggan yang sudah ada.

"Mobil Xiaomi bergerak dari nol jadi satu dalam tahap pertumbuhan yang sangat berbeda dan menghadapi ekspektasi pengguna yang sangat berbeda dibandingkan ketika ponsel pintar Xiaomi berubah 14 tahun yang lalu,” kata dia, Selasa (12/3/2023).

Baca juga: Minyak Rem Mobil Sering Kurang, Coba Periksa Bagian Ini

Interior depan mobil listrik Xiaomi SU7.Xiaomi Interior depan mobil listrik Xiaomi SU7.

“Mobil Xiaomi harus berbeda, dan aspek yang paling penting adalah teknologi pintar," lanjutnya.

Mobil-mobil Xiaomi akan diproduksi oleh unit pembuat mobil milik negara BAIC Group di pabrik Beijing dengan kapasitas tahunan 200.000 kendaraan.

Raksasa ponsel pintar ini telah berjanji untuk menginvestasikan 10 miliar dolar AS pada sektor otomotif selama satu dekade dan merupakan salah satu dari sedikit pemain baru di pasar kendaraan listrik China yang mendapatkan dukungan dari pihak berwenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com