Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahayanya Ngebut dan Menyalip dari Kiri, Bisa Celaka

Kompas.com - 12/03/2024, 19:11 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor di jalanan kerap kebut-kebutan tapi tidak paham apa bahayanya. Misal seperti pada video yang diunggah akun Dashcam Indonesia di Instagram.

Pada video tersebut, terlihat pengendara motor yang mengebut di malam hari. Saat ada bus di depannya, pengendara tadi malah menyalip dari kiri dan kendaraannya sedikit geser ke kiri.

Beruntung pengendara tadi tidak sampai terjatuh. Cuma perilakunya yang mengebut dan menyalip dari kiri tadi adalah kebiasaan buruk yang membahayakan.

Baca juga: Masyarakat Bisa Titip Jual Motor dan Mobil Bekas di Balai Lelang Ini

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dashcam Indonesia (@dashcamindonesia)

 

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, mengebut di jalan memang perilaku yang tidak diperbolehkan di jalan raya. Selain membahayakan diri sendiri, risikonya bisa mencelakai orang lain.

"Kedua, untuk menyalip kendaraan di jalan raya harus punya ruang yang cukup untuk dilewati. Tidak memaksakan bila sempit atau pas-pasan," kata Agus kepada Kompas.com, Selasa (12/3/2024).

Kemudian, buat pengendara motor jangan tiba-tiba menyalip kendaraan di depannya. Harus dipahami dulu apa yang mau didahului, lalu perkirakan arah kendaraan, mau lurus atau ke mana.

Baca juga: Ini Alasan Truk Masih Pilih Minum Solar Murah


"Terakhir pastikan ketika akan menyalip, bagian depan kendaraan tersebut dam keadaan aman. Jangan sampai di depannya ada mobil yang berhenti, atau ada orang yang menyeberang," kata Agus.

Kebiasaan orang Indonesia yang mengebut memang ada saja alasannya. Misal terburu-buru, mengetes motor, sampai ingin menaikkan adrenalin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com