Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Listrik Toyota Meluncur Pertengahan 2025, Pakai Basis Suzuki eVX

Kompas.com - 05/03/2024, 17:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota dan Suzuki sudah beberapa kali bekerja sama dalam produknya yang diluncurkan di India. Belum lama ini, dikabarkan Toyota akan meluncurkan mobil listrik dengan basis Suzuki eVX.

Dikutip dari Autocarindia.com, Selasa (5/3/2024), Toyota akan meluncurkan SUV listriknya pada September 2025. Tepatnya, enam bulan setelah mobil listrik Suzuki eVX meluncur pada Maret 2025.

Baca juga: Toyota Sedang Mempertimbangkan Bikin bZ4X GR Sport

Beberapa waktu lalu, Toyota sudah memamerkan Urban SUV Concept di India. Mobil konsep tersebut memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.820 mm dan tinggi 1.620 mm, yang sangat mirip dengan Suzuki eVX. Kedua model ini juga memiliki jarak sumbu roda yang sama, yakni 2.700 mm.

Mobil Listrik Suzuki eVX di Japan Mobility ShowKompas.com/Agung Kurniawan Mobil Listrik Suzuki eVX di Japan Mobility Show

Mengenai desainnya, konsep ini terlihat sangat mirip dengan mobil listrik Toyota yang lebih baru. Mobil ini memiliki permukaan yang tegas dan menggunakan lampu LED daytime running berbentuk C di bagian depan, serta bumper depan yang terlihat minimalis.

Bagian belakangnya sangat mirip dengan eVX, pintu dan bagian jendela juga tampak cukup familiar. Uniknya, gagang pintu belakang di sini ditempatkan di pilar-C, mirip seperti Toyota C-HR.

Baca juga: Cara Unik Komunitas Toyota Land Cruiser Lantik Kepengurusan Baru

Desain bagian belakang calon mobil listrik Suzuki eVX di Japan Mobility Show 2023.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Desain bagian belakang calon mobil listrik Suzuki eVX di Japan Mobility Show 2023.

Untuk platform, Toyota diyakini juga akan menggunakan platform yang sama seperti eVX, yakni 27PL. Tersedia dua pilihan kapasitas baterai, yakni 48 kWh dengan jarak tempuh 400 Km dan 60 kWh dengan jarak tempuh 550 Km.

Untuk sistem penggeraknya, kabarnya Toyota juga akan menawarkan dua pilihan, yakni sistem penggerak roda depan (FWD) dan sistem penggerak semua roda (AWD).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com