Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daya Listrik Rumah Ideal bagi Pemilik Motor dan Mobil Listrik

Kompas.com - 02/03/2024, 09:02 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumen yang baru pertama kali menggunakan kendaraan listrik harus melakukan persiapan di beberapa sektor, khususnya memikirkan soal pengisian daya.

Umumnya semua pabrikan akan membekali kendaraan dengan alat pengisian daya khusus, bisa berupa home charging, battery docking, atau charging adaptor.

Secara utilitas, konsumen memang sudah tidak lagi kesulitan saat hendak mengisi baterai kendaraan di rumah. Namun, jangan lupa, persoalan daya listrik rumah juga wajib diperhatikan.

Selayaknya perangkat elektronik, pengecas baterai kendaraan akan menyedot arus listrik rumah, dengan kapasitas berbeda-beda tergantung besaran daya maksimalnya.

Baca juga: Ini Fungsi Lain Sabuk Pengaman, Berguna Saat Mobil Mogok

PLN kasih diskon tambah daya listrik rumah di IIMS 2024Dok. PLN PLN kasih diskon tambah daya listrik rumah di IIMS 2024

Situasi ini akhirnya memunculkan pertanyaan, bagi konsumen pemula yang hendak atau baru saja membeli kendaraan listrik, berapa tegangan daya listrik rumah yang diperlukan?

Menjawab pertanyaan ini, Megantara Vilanda, Manager Business Retail PT PLN (Persero), membagikan hitungan rinci soal kisaran daya listrik yang dibutuhkan.

Dia mengatakan, tegangan daya listrik rumah untuk pengecasan bisa dibagi menjadi dua, yakni untuk motor listrik, mobil listrik, atau keduanya sekaligus.

Untuk motor listrik, daya yang dianjurkan adalah sekitar 900 Volt Ampere (Va). Artinya, daya listrik rumah standar yang kisarannya 1.100 Va sudah sangat cukup.

Baca juga: Baterai NMC Lebih Diminati, BYD Mengaku Tidak Ambil Pusing

Ilustrasi tambah daya PLN. Pelanggan PLN dapat melakukan perubahan daya PLN, baik mengurangi maupun tambah daya PLN online apabila daya PLN di rumahnya kurang atau berlebih.Dok PLN Ilustrasi tambah daya PLN. Pelanggan PLN dapat melakukan perubahan daya PLN, baik mengurangi maupun tambah daya PLN online apabila daya PLN di rumahnya kurang atau berlebih.

“Kalau motor listrik itu umumnya cuma perlu 1,8 ampere, jadi sebetulnya dengan daya 450 watt itu cukup, tapi kalau rumahnya hanya 450 Va (Volt Ampere), ya enggak bisa pakai listrik buat lainnya. Yang disarankan itu setidaknya 900 Va,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (24/2/2024).

Sedangkan untuk mobil listrik, daya yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung spesifikasi. Namun, umumnya, ada di angka 3.500 Va untuk pengisian daya normal, dan 7.000 Va untuk fast charging.

“Sebagian besar merek mobil listrik juga sudah punya limiter soal berapa daya maksimal yang bisa masuk, ada 50 kw sampai 70 kw. Semakin besar batasan yang bisa ditahan, semakin cepat pula pengecasannya,” ucap Megan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com