Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pebalap dan Mobil Baru Honda Racing Indonesia Musim 2024

Kompas.com - 04/03/2024, 11:22 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Racing Indonesia (HRI) resmi mengumumkan susunan pembalap baru yang terdiri dari Alvin Bahar, Avila Bahar, dan Andri Abirezky untuk ajang touring di gelaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2024.

Tak hanya itu, HRI juga akan meramaikan ajang balap nasional tahun ini dengan All New Honda Civic Type R di kelas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 3.600, dan tambahan New Honda Brio di kelas ITCR 1.200.

Avila dan Andri akan duet menggunakan tambahan Brio baru di kelas ITCR 1.200. Selain itu, Avila juga tetap berkompetisi di kelas ITCR 1500 menggunkan City Hatchback RS yang sebelumnya telah mengantongi juara nasional pada 2022 dan 2023.

Sementara Alvin Bahar, turun di kelas ITCR 3600 menggunakan Civic Type R FL5. Mobil yang meluncur pada akhir Maret 2023 ini akan berkompetisi dengan mesin 2.000 cc VTEC Turbo yang diklaim memiliki tenaga 314 Tk dan torsi 420 Nm.

Baca juga: Honda Civic Type R FL5 TCR Jadi Penantang Baru di Ajang ISSOM 2023

Seperti diketahui, Civic Type R telah memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Sirkuit Suzuka, Jepang. Bahkan mobil ini juga mencatat rekor putaran tercepat di Sirkuit Nurburgring, Jerman.

Honda Racing Indonesia (HRI) 2024HPM Honda Racing Indonesia (HRI) 2024

Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan, ajang balap merupakan suatu pembuktian ketangguhan suatu produk.

Karena itu, pihaknya selalu menurunkan mobil yang memiliki (production spec) dari model-model terkini yang dipasarkan, termasuk All New Honda Civic Type R dan New Honda Brio.

"Selain itu, sebagai komitmen kami untuk mewujudkan Everyone Can Race, kami juga kembali menyelenggarakan Honda Brio Speed Challenge (HBSC) dan Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC) yang menjadi ajang kompetisi mulai dari pembalap pemula hingga profesional," ucap Billy dalam keterangan resminya, Minggu (3/3/2024).

Baca juga: Toyota Tidak Takut Serbuan Mobil China

Pada musim ini, HBSC sudah memasuki tahun ke-11 dan HCHSC ke-3. Keduanya telah menjadi agenda balap One Make Race (OMR) yang paling konsisten dan paling banyak jumlah pesertanya dari tahun ke tahun.

Hingga 2023, HBSC telah memiliki total peserta sebanyak lebih dari 150 orang, sementara HCHSC telah diikuti lebih dari 40 peserta.

Honda Racing Indonesia (HRI) 2024hpm Honda Racing Indonesia (HRI) 2024

Untuk musim ini, Honda memberikan total hadiah lebih dari Rp 400.000.000 bagi pemenang kejuaraan OMR. Kedua kompetisi ini akan berlangsung enam seri yang dimulai pada Maret hingga Desember 2024 di Sentul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com