Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 4 Karakter Mobil yang Unggul di Tanjakan

Kompas.com - 29/02/2024, 09:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Jalan menanjak banyak dijumpai di Indonesia, khususnya di daerah dataran tinggi. Sehingga, masyarakat perlu memilih mobil yang bisa diandalkan untuk menanjak.

Lantas, mobil dengan spesifikasi seperti apa yang sebaiknya dipilih agar menanjak terasa aman dan nyaman?

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan kemampuan mobil menanjak dipengaruhi beberapa hal, termasuk jenis transmisi.

Baca juga: Benarkah Mobil Transmisi Manual Lebih Jago Menanjak daripada Matik?

Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.Foto: Tangkapan layar Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.

“Jenis transmisi sedikit banyak berpengaruh terhadap kemampuan mobil untuk menanjak meski sebenarnya baik matik atau manual keduanya punya peluang sama,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

1. Jenis transmisi

Selama pengemudi mobil bisa mengoperasikan mobil dengan tepat, mobil dengan transmisi manual bisa menjadi pilihan karena dilengkapi kopling kering dengan pembuangan tenaga yang minim atau minim selip.

Hardi mengatakan, bila pengemudi memiliki kompetensi atau mahir, mobil dengan transmisi manual lebih mudah melewati tanjakan karena pengaturan gigi bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

Baca juga: Video Viral, Suzuki Ertiga Menanjak dengan Dua Orang di Kap Mesin

Mobil sport elektrik Toyota GR sedang dalam tahap pengembangan dan disematkan transmisi manualDok. Autocar.co.uk Mobil sport elektrik Toyota GR sedang dalam tahap pengembangan dan disematkan transmisi manual

“Pengemudi yang mahir pasti tahu kapan dan di titik mana mobil tersebut harus oper gigi saat melewati tanjakan,” ucap Hardi.

Berbeda dengan transmisi matik AT dan CVT, dilengkapi dengan kopling fluida sehingga ada tenaga yang terbuang lebih besar ketika mobil digunakan untuk menanjak atau menarik beban berat berkat prinsip kerja torque converter.

“Mode manual pada matik ada, tapi butuh kepekaan pengemudi, alih-alih mau mendapatkan torsi tapi justru bisa berpotensi over running (putaran mesin terlalu tinggi) mengakibatkan selip berlebihan,” ucap Hardi.

Baca juga: Begini Cara Antisipasi Mobil yang Gagal Menanjak

Mesin Toyota Yaris CrossKompas.com Mesin Toyota Yaris Cross

2. Besarnya angka torsi

“Saat hendak memilih mobil, coba periksa spesifikasinya terkait besaran nilai torsi yang mampu dihasilkan, semakin besar tentu peluang bisa menanjak lebih besar, ini berbanding terbalik dengan beban kendaraan dan kemiringan tanjakan,” ucap Hardi.

Seperti yang diketahui, semakin miring geometri jalan, dan berat bobot kendaraan maka semakin sulit suatu tanjakan untuk dilalui mobil. Sehingga membutuhkan mobil dengan torsi tinggi.

Sebagai informasi, data torsi pada sebuah unit bisa dilihat di brosur sesuai hasil pengetesan internal. Besaran torsi memiliki satuan newton meter (Nm), biasanya berdekatan dengan tenaga dengan satuan tenaga kuda (Tk).

Baca juga: Manfaat Fitur Hill Start Assist Saat Lewat Jalan Menanjak


Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition hanya tersedia 60 unit. Berbeda dengan CX-5 biasa yang ada di pasaran, model ini menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD) KOMPAS.com/Gilang Mazda CX-5 EMI 6th Anniversary Edition hanya tersedia 60 unit. Berbeda dengan CX-5 biasa yang ada di pasaran, model ini menggunakan sistem penggerak seluruh roda atau all-wheel drive (AWD)

3. Jenis sistem penggerak roda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com