Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mobil Transmisi Manual Lebih Jago Menanjak daripada Matik?

Kompas.com - 28/02/2024, 10:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Tingkat keberhasilan suatu mobil melewati jalan menanjak umumnya dipengaruhi oleh torsi yang mampu dihasilkan. Semakin tinggi torsinya, maka peluang mobil bisa menanjak lebih tinggi.

Selain itu, traksi atau cengkeraman tapak ban dan permukaan jalan juga turut menentukan. Sehingga, pengemudi harus piawai mengoperasikan kendaraan.

Namun, bagaimana dengan jenis transmisi yang digunakan apakah matik dan manual ada bedanya?

Baca juga: Jangan Pindahkan Tuas Transmisi Matik ke P Sebelum Mobil Berhenti

Video viral di media sosial memperlihatkan Daihatsu Gran Max pikap yang membawa barang atau muatan seberat 3 ton gagal menanjak di salah satu jalan.Foto: Tangkapan layar Video viral di media sosial memperlihatkan Daihatsu Gran Max pikap yang membawa barang atau muatan seberat 3 ton gagal menanjak di salah satu jalan.

Hasan Ariyanto, Pemilik Mandiri Auto Klaten mengatakan dilihat dari segi konstruksi kedua transmisi yakni automatic transmission (AT) dan manual transmission (MT) memang ada perbedaan mendasar.

“Kemampuan suatu mobil untuk menanjak salah satunya dipengaruhi dari transmisi, tepatnya pada bagian koplingnya, pada jenis MT dibekali kopling kering sedangkan AT kopling fluida atau torque converter,” ucap Hasan kepada Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Hasan mengatakan secara teknis konstruksinya lebih kuat MT karena potensi selip hanya ada di kampas kopling, sedangkan di AT potensi selip ada di torque converter dan bagian kelompok koplingnya.

Baca juga: Begini Cara Gigi Transmisi Matik Berkerja Saat Tanjakan

Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.Foto: Tangkapan layar Video viral di media sosial Suzuki XL7 kesulitan di jalan menanjak.

“Area mekanikal yang berpotensi mengalami selip ada lebih banyak pada transmisi matik, akibatnya akan semakin banyak tenaga mesin yang terbuang ketika mobil digunakan untuk menanjak,” ucap Hasan.

Hasan mengatakan prinsip kerja kampas kopling pada transmisi manual lebih kaku dalam menyambungkan putaran mesin dengan transmisi, sehingga potensi selipnya lebih kecil.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan tingkat peluang keberhasilan mobil matik melibas tanjakan sebetulnya juga dipengaruhi ketinggian tanjakan dan ancang-ancangnya.

Baca juga: Faktor yang Bikin Mobil Transmisi Manual Tidak Kuat Nanjak

Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauikscreenshoot/Instagram SitinjauLauik_ID Hyundai Stargazer gagal menanjak di Sitinjau Lauik

“Manual dan matic sama-sama berpotensi bisa melewati tanjakan namun secara karakter memang manual lebih unggul ketika menghadapi tanjakan tanggung tanpa ancang-ancang,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Rabu (28/2/2024).

Bila pengemudi memiliki kompetensi atau mahir mobil dengan transmisi manual lebih mudah melewati tanjakan karena pengaturan gigi bisa disesuaikan sesuai kebutuhan.

“Pengemudi yang mahir pasti tahu kapan dan di titik mana mobil tersebut harus oper gigi saat melewati tanjakan,” ucap Hardi.

Berbeda dengan matik, pengemudi harus hati-hati saat menentukan posisi tuasnya, menurut Hardi entah di 3, 2 atau 1.

Baca juga: Honda BR-V N7X Edition Tidak Punya Transmisi Manual


“Alih-alih mau mendapatkan torsi tapi justru bisa berpotensi over running mengakibatkan selip berlebihan bila pengemudi tidak paham, sehingga perlu betul-betul memperhatikan putaran mesin,” ucap Hardi.
.
Sementara bila pengoperasian transmisi matik hanya dengan mengandalkan posisi D ada potensi tenaga tidak terisi pada titik tertentu menurut Hardi.

“Bisa juga tetap di D saja dengan mengandalkan teknik kickdown untuk memperoleh torsi besar, namun di beberapa titik bisa ngelag, seperti kosong gasnya, yang artinya saat itu terjadi selip,” ucap Hardi.

Jadi, transmisi manual memang bisa dibilang lebih kuat untuk menanjak karena konstruksinya lebih paten dalam hal menyalurkan tenaga, dengan catatan pengemudi harus memiliki kompetensi mengemudi mobil manual.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com