Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Motor Honda via FIF Rp 26 Triliun Sepanjang 2023

Kompas.com - 28/02/2024, 09:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Federal International Finance (FIF) mencatat pertumbuhan positif sepanjang 2023. Pada tahun lalu, laba bersih perusahaan meningkat 29,4 persen menjadi Rp 4,1 triliun, dibanding periode yang sama tahun 2022 senilai Rp 3,2 triliun.

Pencapaian kinerja perusahaan ini disebut-sebut merupakan yang pertama kali sejak FIF berdiri pada 1989.

"Pencapaian ini berkat dukungan positif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk konsumen, karyawan, lembaga pemerintah yang terkait, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai pengawas, masyarakat, media, serta lembaga lainnya," ujar Presiden Direktur PT FIF Margono Tanuwijaya, dalam keterangan resmi, Selasa (27/2/2024).

Baca juga: Belajar dari Insiden Harrier Terguling, Bahu Tol Bukan buat Menyalip

FIFGroupFIFGroup FIFGroup

Pencapaian ini juga tercermin dari pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan pada tahun 2023, yang mencapai Rp 42,3 triliun atau naik sebesar 20,7 persen secara year on year/yoy dibandingkan dengan tahun 2022 senilai Rp 35,1 triliun.

Begitu pun jumlah unit yang dibiayai, pada tahun 2023, FIF membukukan pembiayaan untuk 3,2 juta unit atau naik sebesar 15,0 persen secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 2,7 juta unit.

Sebagai contoh, FIFASTRA, yang menyediakan layanan pembiayaan sepeda motor Honda, mencatat pertumbuhan nilai penyaluran pembiayaan sebesar 26,0 persen secara yoy pada 2023.

Baca juga: Regulasi Knalpot Mulai Dirancang, Kemenkop Minta Polisi Setop Razia

Tercatat, penyaluran kredit motor Honda mencapai Rp 26,9 triliun, dibanding tahun 2022 yang mencatatkan nilai penyaluran pembiayaan sebesar Rp 21,4 triliun.

Selain itu, dari segi jumlah unit motor Honda yang didanai, FIF melalui FIFASTRA juga membukukan pembiayaan kepada 1,6 juta unit pada tahun 2023, naik sebesar 28,3 persen secara yoy dibandingkan dengan tahun 2022 yang mencapai 1,2 juta unit.

Tercatat, kontribusi dari FIFASTRA terhadap pencapaian nilai penyaluran pembiayaan FIF bahkan melampaui 60 persen.

"Tahun 2024 akan membawa berbagai tantangan. Namun, kami tetap berpegang teguh pada upaya untuk mengoptimalkan setiap peluang yang ada, serta terus mendorong inovasi dan integritas dalam memberikan layanan pembiayaan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Margono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com