Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Motor Honda Sempat Turun, Begini Penjelasan FIF

Kompas.com - 19/10/2023, 11:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – FIFGROUP mengklaim penyaluran kredit motor meningkat pada semester I/2023 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tercatat, penyaluran kredit motor yang diinisiasi FIFASTRA meningkat jadi Rp 13,7 triliun dari sebelumnya Rp 9,4 triliun, atau naik 46,3 persen.

Meski begitu, tak bisa dipungkiri kredit motor mengalami sejumlah dinamika, sampai penurunan tren pada Agustus-September 2023.

Baca juga: Resmi, Kendaraan Modifikasi Legal Beroperasi di Jalan

FIFGROUP jadi platinum sponsor ajang pameran motor IMOS 2023KOMPAS.com/DIO DANANJAYA FIFGROUP jadi platinum sponsor ajang pameran motor IMOS 2023

Dilansir dari data AISI, penjualan sepeda motor domestik Indonesia pada September 2023 mencatat angka 509.946 unit.

Perolehan ini minus 4,5 persen persen secara bulanan (month to month/mtm) dibandingkan Agustus 2023 sebanyak 534.379 unit.

Dibandingkan September tahun 2022 yang meraih 514.460 unit, capaian pada periode yang sama tahun ini juga turun 0,8 persen.

Baca juga: Ada Aturan Kustomisasi, Kendaraan Apa Saja yang Boleh Dimodifikasi?

Daniel Hartono, Chief Marketing Officer FIFGROUP, menampik bahwa penurunan tren kredit motor terjadi karena masalah rangka ESAF Honda yang dialami sejumlah konsumen.

“Kalau kita lihat tadi, secara tren sebenarnya karena tadi oh ini cyclical, jadi kita lihat penurunannya masih wajar. Jadi pengaruh, saya rasa dari Honda yang bisa melihat. Cuma dari kita penurunannya masih sesuai dengan koridor tahun ke tahun,” ujar Daniel di Jakarta (18/10/2023).

“Saya enggak tahu ya penjualan, kan ada cash, ada kredit, tapi secara di FIF memang cyclical kalau kita lihat,” kata dia.

Baca juga: Simak Bocoran Spesifikasi Mobil Listrik Chery Omoda 5 EV

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

Daniel menjelaskan, dalam tiga tahun terakhir, setiap Agustus-September selalu terjadi penurunan kredit motor Honda.

“Oktobernya kita bertahan tidak mengalami penurunan lagi. Biasanya itu kalau Agustus-September turun, Oktober itu bertahan, nanti naik lagi di November-Desember atau akhir tahun. Biasanya begitu, ini kita lihat apakah trennya sama,” ucap Daniel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com