Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan All New Honda CR-V Hybrid, Irit Konsumsi BBM

Kompas.com - 20/02/2024, 14:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Prospect Motor (HPM) ambil bagian pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS 2024). Honda membawa 15 produk andalannya di lantai pameran, satu di antaranya adalah All New Honda CR-V Hybrid.

All New CR-V Hybrid disebutkan memiliki sejumlah kelebihan, seperti konsumsi bahan bakar yang efisien layaknya mobil low cost green car (LCGC).

Baca juga: Jawaban Honda untuk Mobil Listrik di Indonesia

Sebagai informasi, All New CR-V Hybrid dibekali dengan mesin 2.0 L direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC.

Mesinnya dikombinasikan dengan Electronic Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh.

Sistem e:HEV bekerja dalam 3 Driving System yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai kendaraan.

Honda CR-V RS HybridKOMPAS.com/OTOMOTIF Honda CR-V RS Hybrid

Sebelumnya, Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Director PT HPM mengatakan, berdasarkan hasil pengetesan dari Balai Pengujian Laik Jalan & Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), hasilnya bisa setara dengan Honda Brio.

Baca juga: Honda CBR400R Mau Meluncur, Pakai Winglet di Bodi

“Saya punya data hasil pengujian di balai. Setiap mobil kami kan melakukan pengetesan ada sertifikasi untuk dapat laik jalan. Kalau saya lihat, hasilnya setara dengan Brio. Tapi saya yakin kalau dipakai di lapangan pasti lebih irit, karena banyak kemacetan,” ucap Billy, belum lama ini.

Pada pengujian yang pernah dilakukan Kompas.com, beberapa waktu lalu, All New Honda CR-V Hybrid memiliki catatan efisiensi BBM sebesar 16 kpl.

Angka ini didapat berdasarkan pengujian dengan kondisi, empat orang penumpang dewasa, memakai AC, medan jalan yang bervariasi, hujan deras, serta gaya berkendara normal.

Catatan efisiensi BBM bisa saja berbeda, sesuai dengan kondisi dan medan jalan, serta metode pengujian yang dilakukan. Akan tetapi, 16 kpl adalah catatan yang cukup irit untuk sebuah SUV.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com