Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Harga VinFast VF 5 di IIMS 2024, Mulai Rp 250 Jutaan

Kompas.com - 16/02/2024, 17:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - VinFast VF 5 digadang akan menjadi salah satu mobil listrik termurah di pasar Indonesia sehingga bisa menjangkau berbagai kelas masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan.

Bagaimana tidak, menurut salah satu tenaga penjualnya pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, kendaraan tersebut akan dipasarkan dengan harga sekitar Rp 250 juta.

"Paling murah itu ada VF 5, harganya di sekitar Rp 250 juta sampai Rp 280 jutaan. Estimasinya tidak jauh dari situ," kata dia saat ditemui oleh Kompas.com, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024).

 Baca juga: Alasan Hyundai Belum Tertarik Jualan Mobil Hybrid di Indonesia

VinFast resmi debut di Indonesia pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024)dok.VinFast VinFast resmi debut di Indonesia pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, Kamis (15/2/2024)

"Launching harga resmi tidak lama lagi," lanjutnya.

Dengan kisaran tersebut, VF 5 akan mengganggu sedikitnya dua model mobil listrik murah kecil yaitu Wuling Air EV dan DFSK Seres E1.

Tetapi kalau dilihat dari spesifikasinya, mobil termurah dari VinFast itu berada di segmen yang berbeda karena kelasnya ialah mobil perkotaan alias city car.

Berdasarkan spesifikasinya, VF5 memiliki panjang 3.965 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.513 mm. Mobil memiliki konfigurasi dua baris tempat duduk dengan kapasitas 5-penumpang.

VF5 dilengkapi banyak fitur-fitur pintar mulai dari instrumen digital dan voice control virtual assistant.

 Baca juga: Toyota Sebut Konsumen Indonesia Doyan Mobil Desain Nyentrik dan Sporty

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sematkan tandatangan ke Mobil Listrik VinFastKOMPAS.com/JANLIKA Presiden Joko Widodo (Jokowi) sematkan tandatangan ke Mobil Listrik VinFast

Kemudian ada juga fitur keamanan aktif seperti Basic Cruise Monitoring, Rear Traffic Warning, Blind Spot Warning, Rear Parking Assist, dan Emergency Brake Assist.

Mobil dibekali satu motor listrik penggerak roda depan bertenaga 100 kW atau 134 Tk dan torsi 135 Nm. Tenaga ini dihasilkan dari motor penggerak yang disalurkan dari baterai Lithium Iron Phosphate (LFP) berkapasitas 37,23 kWh.

Klaimnya VinFast VF5 Plus bisa menempuh jarak lebih dari 300 kilometer pada standar New European Driving Cycle (NEDC), yang mana mirip-mirip dengan Binguo EV dan Neta V.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com