Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hyundai Creta Alpha Ditargetkan Terjual 200 Unit per Bulan

Kompas.com - 16/02/2024, 14:42 WIB
Dio Dananjaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan Creta Alpha sebagia varian baru yang hadir melalui beberapan sentuhan menarik dari sisi kosmetik.

Selain berbeda dari warna eksterior yang hadir dalam tiga pilihan warna bodi, dari interior juga ikut mendapat detail yang berbeda.

Terdapat beberapa aksen-aksen baru pada Creta Alpha, dan diklaim sentuhan tersebut tak bisa ditemui di model-model Hyundai Creta sebelumnya.

Baca juga: Honda BR-V N7X Edition Ditarget Terjual Ribuan Unit

Dasbor Hyundai Creta AlphaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Dasbor Hyundai Creta Alpha

Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID mengatakan, Creta Alpha bukanlah model edisi terbatas.

“Ini adalah reguler order, seperti biasa. Kalau ini kami targetkan 200 unit setiap bulannya,” ujar Frans, saat ditemui Kompas.com di sela-sela pameran IIMS (15/2/2024).

Frans mengatakan, Creta ditargetkan menjadi salah satu model terlaris Hyundai, khususnya di segmen SUV ringkas B-Segment.

Baca juga: Mitsubishi L100 EV Resmi Dijual, Harga Rp 320 Juta

Namun demikian, pihaknya sudah cukup puas dengan capaian saat ini yang berada di posisi kedua. Seperti diketahui, SUV B-Segment dikuasai Honda HR-V sejak beberapa tahun lalu.

“Kami lihat bahwa sebelum kami masuk sudah ada market leader di situ. Tapi sekali lagi B-Segment sangat menarik, baik itu MPV atau SUV, jadi setelah kita meluncurkan Creta kita berhasil nomor dua, dan sempat nomor satu,” ucap Frans.

“Terus kemudian diikuti merek-merek lain, kalau kita lihat kan ada Chinese Brand, kemudian ada merek-merek lain, Omoda 5, terakhir Yaris Cross. Tapi kita bisa mmepertahankan posisi kita di nomor dua, dan bahkan jualan kita di beberapa bulan terakhir hampir menyentuh angka 1.000 unit,” kata dia.

Baca juga: Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Meluncur, Harga mulai Rp 462 Juta

Jok kulit Hyunda Creta AlphaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Jok kulit Hyunda Creta Alpha

Meski secara tampilan agak berbeda, namun dari sisi dapur pacu Creta Alpha masih sama dengan model sebelumnya.

SUV ringkas ini mengusung mesin 1.500 cc dengan tenaga 115 PS atau setara 113 Tk pada 6.300 rpm dan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Begitu juga dengan fitur-fitur lainnya, seperti Hyundai SmartSense yang meliputi Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Baca juga: Video Mobil Box Mundur dan Tabrak TransJakarta

Hyunda Creta AlphaKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Hyunda Creta Alpha

Lalu ada Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Driver Attention Warning (DAW), serta Safe Exit serta Warning (SEW).

Perihal harga, Creta Alpha sudah bisa dipesan di seluruh diler resmi Hyundai secara nasional dengan harga Rp 421,8 Juta (OTR Jakarta).

“Kami berniat untuk bisa mencapai di atas 1.000 unit (semua model Creta per bulan), tentunya dengan market share yang lebih baik,” ucap Frans.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com