Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Astra Honda Perkenalkan 11 Pebalap Andalan Musim 2024

Kompas.com - 16/02/2024, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Honda Motor mengumumkan 11 pebalap muda yang jadi bagian pembinaan balap berjenjang di musim 2024. Perkenalan ini berlangsung di hari pertama IIMS 2024, Kamis (15/2/2024).

Pengumuman ini juga seiring memperkuat komitmen AHM dalam mendukung prestasi anak muda Indonesia yang membanggakan. 

Mengusung semangat Satu Hati Raih Impian, AHM berupaya memberikan dukungan nyata bagi anak bangsa di arena balap melalui Astra Honda Racing Team (AHRT) maupun tim balap yang didukung AHM.

Baca juga: AHM Pamer Motor Listrik SC e: Concept di IIMS 2024

Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024KOMPAS.com/FATHAN Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024

Pada ajang level dunia, AHM kembali menurunkan Fadillah Arbi Aditama asal Purworejo, Jawa Tengah di FIM JuniorGP World Championship. Arbi berhasil menjuarai seri Catalunya di musim lalu dan menjadi motivasi besar Arbi dalam membukukan targetnya di musim ini.

“Tahun ini saya kembali mendapatkan kesempatan dari Astra Honda di JuniorGP untuk tahun ke-3. Saya sangat antusias dan bertekad bisa meraih prestasi yang lebih gemilang untuk membuka jalan dalam meraih mimpi di arena MotoGP,” ujar Arbi.

Kemudian buat Asia Road Racing Championship (ARRC), di kelas Asia Production (AP) 250, AHM yang dominan di musim 2023 dengan menduduki peringkat 1, 2, dan 3 di papan klasemen kembali menurunkan Herjun Atna Firdaus. Herjun akan ditemani pebalap muda Kiandra Ramadhipa, bersaing dengan CBR250RR, keduanya siap memberikan penampilan impresif.

Baca juga: Mitsubishi L100 EV Resmi Dijual, Harga Rp 320 Juta

Bukan cuma di kelas AP 250, Astra Honda juga turun di kelas Supersports 600, pakai CBR600RR. M. Adenanta Putra kembali diberikan kepercayaan turun di kelas ini bersama juara AP 250, Rheza Danica Ahrens.

Bukan cuma berdua, tapi mereka ditemani juga oleh peraih juara serta pencetak sejarah Asia Talent Cup musim lalu, yakni Veda Ega Pratama dalam menaklukan lintasan balap SS600.  

Dalam persaingan ARRC lainnya, Andi Farid Izdihar yang musim lalu meraih peringkat ketiga pada kelas Asia Superbike (ASB) 1000, kembali dipercaya turun bersama Honda Asia Dream Racing (HADR) pada musim ini.

Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024KOMPAS.com/FATHAN Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024

Selain itu AHM juga menurunkan Kiandra Ramadhipa dan M. Rama Putra Septiawan di Asia Talent Cup.  Bukan itu saja, ada Nelson Cairoli Ardheniansyah dan Muh. Badly Ayatullah M yang siap tampil pada ajang Thailand Talent Cup (TTC) menggunakan motor Honda NSF250R.

TTC merupakan langkah dasar pembinaan balap berjenjang AHM saat mulai menapaki persaingan di level Asia, sebelum beranjak kepada tahap selanjutnya yaitu ATC.

Beralih ke persaingan arena balap tanah, AHM juga melanjutkan pembinaan balap di segmen motocross bersama M. Delvintor Alfarizi dan M. Arsenio Algifari. Adel sapaan akrab Delvintor, di musim ini kembali bersaing di gelaran balap dunia motocross, FIM Motocross World Championship kelas MX2.

Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024KOMPAS.com/FATHAN Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024

Adel akan bersaing dalam 11 putaran yang dilaksanakan. Di benua Eropa Adel akan bersaing sebanyak 9 putaran yang terselenggara di Italia (3 putaran), Portugal, Spanyol, Perancis, Jerman, Latvia, Republik Ceko, Belgia serta dua putaran di Indonesia.

Sementara crosser muda, M. Arsenio Algifari yang merupakan juara National Motocross Championship 2023 kelas MX 125cc, di musim ini akan bersaing di kelas MX2 pada kejuaraan yang sama. Adik dari Delvintor ini akan bersaing menggunakan CRF250R di lintasan balap motorcross nasional.

Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024AHM Deretan Pebalap AHRT buat musim 2024

Marketing Director AHM, Octavianus Dwi mengatakan pembinaan balap secara berjenjang ini merupakan wujud komitmen kuat AHM di dunia balap. Strategi pembinaan yang tepat dan konsisten yang dilakukan perusahaan memberikan optimisme tersendiri untuk mengantarkan pebalap-pebalap muda Tanah Air menjadi kebanggaan bangsa.

“Pendampingan akan terus kami lakukan terhadap talenta-talenta balap Tanah Air agar dapat mewujudkan mimpi mereka dalam mencetak prestasi dan mengharumkan nama bangsa di pentas balap dunia. Kami pun berharap hal ini dapat menginspirasi generasi muda lain yang saat ini sedang berjuang meraih mimpi,” ujar Octa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com