Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Pencurian Baterai Motor Listrik, Driver Ojol Diminta Waspada

Kompas.com - 13/02/2024, 08:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menyikapi maraknya kasus pencurian baterai, ojek online (ojol) yang menggunakan motor listrik diimbau lebih berhati-hati dan waspada.

Imbauan ini secara spesifik ditujukan kepada ojol, yang merupakan salah satu golongan pengguna motor listrik terbanyak di Indonesia hingga saat ini.

Igun Wicaksono, Ketua Asosiasi Pengemudi Ojol Garda Indonesia menjelaskan, memang sudah cukup banyak pengendara ojol yang jadi korban modus kejahatan baru ini.

“Saya sudah banyak koordinasi dengan teman-teman driver lintas komunitas, memang kasusnya ini (pencurian baterai) sudah banyak. Saya belum tahu angka pastinya, tapi banyak,” ucapnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Baca juga: Bocoran Toyota Hilux Rangga Sudah Dikaroseri, Hadir di IIMS 2024?

Seorang driver ojek online mengganti baterai motor listrik di salah satu SPKLU di SPBU MT HaryonoKompas.com/Daafa Alhaqqy Seorang driver ojek online mengganti baterai motor listrik di salah satu SPKLU di SPBU MT Haryono

Menyikapi hal ini, Igun mengimbau semua pengendara ojol untuk lebih waspada dan mawas, menimbang kasus ini berpotensi meningkat.

Satu langkah pencegahan yang bisa dilakukan adalah selalu memarkir motor listrik di lokasi aman, baik ketika sedang bekerja ataupun saat kegiatan normal.

“Semisal ada orderan di ruko atau mall, memang sebaiknya motor diparkirkan ke dalam saja, yang ada pengawasannya. Kalau begini, minimal bisa jauh lebih aman,” kata dia.

Igun menambahkan, besar harapannya supaya pihak berwajib segera memberikan atensi lebih terhadap kasus ini, sebelum banyak ojol menjadi korban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com