BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Fuso

Mitsubishi Fuso Canter FE SHDX, Truk Andalan untuk Sektor Pertambangan

Kompas.com - 09/02/2024, 20:21 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia berkomitmen untuk terus menghadirkan kendaraan berkualitas untuk segmen  (LDT).

Komitmen tersebut dibuktikan melalui Mitsubishi Fuso Canter FE SHDX. Kendaraan ini dapat menjadi truk andalan bagi para pebisnis yang berkecimpung di sektor pertambangan.

Oleh karena itu, demi menunjang optimalisasi kendaraan saat beroperasi di area pertambangan, Mitsubishi Fuso melengkapi Fuso Canter SHDX dengan Power Take Off Transmission (PTO).

Sebagai informasi, PTO adalah salah satu komponen terpenting lantaran dapat memaksimalkan kinerja kendaraan berat seperti dump truck.

Teknologi itu berfungsi untuk menggerakkan sistem hidrolik sehingga memungkinkan truk untuk mengangkat dan menuangkan muatan berat pada karoseri dump truck dengan mudah.

Selain PTO, varian Fuso Canter FE SHDX juga memiliki brake pad yang lebih tebal, kuat, dan tahan lama.

Truk tersebut juga dilengkapi dengan final gear ratio 6,666 agar semakin optimal saat beroperasi di medan yang berat.

Adapun untuk menambah ketangguhan kendaraan dalam melewati jalur menantang, Mitsubishi Fuso telah menyematkan Fuso Canter FE SHDX dengan leaf spring pada bagian depan dan belakang.

Berkat komponen tersebut, Fuso Canter FE SHDX bisa tetap kuat saat mengangkut muatan yang berat seperti mengangkut pasir atau bebatuan di area pertambangan.

Dari segi bodi, Fuso Canter FE SHDX memiliki sasis yang kokoh dan tahan lama serta dilengkapi dengan kabin jungkit yang punya bukaan lebar untuk mempermudah pemeriksaan dan perawatan mesin.

Ada pula teknologi Inspection Lid yang berada di bawah jok penumpang agar upaya pengecekan mesin menjadi lebih mudah. Teknologi ini juga membuat posisi tangki radiator yang berada di bagian luar jadi lebih mudah dikontrol.

Kabin kendaraan itu juga menggunakan teknologi Mitsubishi in Dash Gear Shift. Lewat teknologi ini, Mitsubishi Fuso membuat tuas transmisi kendaraan menyatu dengan dasbor agar luas kabin jadi semakin lega.

Demi menambah kenyamanan berkendara, Mitsubishi Fuso juga menyematkan Fuso Canter FE SHDX dengan radio yang dilengkapi port USB/MP3 untuk hiburan bagi pengemudi dan penumpang kendaraan.

Soal tenaga, truk dengan konfigurasi 6 ban tersebut diklaim memiliki performa atau tenaga sebesar 136 Pferdestarke (PS).

Performa besar yang dihasilkan kendaraan itu tak lepas berkat kehadiran mesin 4V21 dengan sistem common rail yang mampu menghasilkan torsi dan tenaga maksimal di putaran mesin yang rendah.

Meski bertenaga besar, tapi mesin Fuso Canter FE SHDX ramah lingkungan karena telah menggunakan teknologi Euro 4.

Selain itu, Fuso Canter FE SHDX juga dilengkapi dengan Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang didukung oleh teknologi Diesel Oxidation Catalyst (DOC) Muffler yang dapat menghasilkan emisi gas buang ramah lingkungan.

Ada pula fitur tachometer yang hadir untuk mempermudah penyelarasan putaran mesin dengan kecepatan kendaraan agar konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat.

Unit Fuso Canter FE 84 SHDX

Selain Fuso Canter FE SHDX, kendaraan niaga berkualitas lainnya yang dimiliki oleh Mitsubishi Fuso adalah unit Fuso Canter FE 84 SHDX.

Salah satu perbedaan utama tersebut terletak pada kapasitas mesin Fuso Canter FE 84 SHDX yang memiliki performa lebih besar, yakni 150 PS.

Oleh karena itu, tak heran jika Fuso Canter FE 84 SHDX lebih bertenaga dan lebih cepat dibandingkan Fuso Canter SHDX yang dilengkapi mesin berkekuatan 136 PS.

Fuso Canter FE 84 SHDX juga memiliki turning radius yang sangat kecil, yaitu hanya 6.1 M. Artinya, kendaraan ini dapat berbelok dengan mudah di jalan yang sempit dan padat sehingga dapat mempermudah pengemudi dalam menghadapi medan yang sulit.

Tak hanya itu, sama seperti varian Canter lainnya dari Mitsubishi Fuso, kendaraan Fuso Canter FE 84 SHDX juga dilengkapi dengan Telematic Runner yang merupakan sistem manajemen kendaraan canggih dan terintegrasi. Sistem diinstalasi sejak proses produksi di pabrik.

Sistem tersebut memungkinkan operator untuk memantau dan mengatur kinerja mobilnya di lapangan secara real-time melalui layar komputer atau smartphone.

Sistem Telematic Runner juga menyediakan laporan yang lengkap dan akurat terkait lokasi, kecepatan, riwayat perjalanan, penggunaan bahan bakar, dan kondisi kendaraan.

Dengan sistem tersebut, konsumen pun dapat semakin mengoptimalkan bisnis dan operasional kendaraan dengan lebih efisien serta efektif.

Salah satu kesamaan antara Fuso Canter FE 84 SHDX dan Fuso Canter SHDX adalah keberadaan fitur Mitsubishi in Dash Gear Shift.

Dengan demikian, Fuso Canter FE 84 SHDX juga memiliki tuas transmisi kendaraan yang menyatu dengan dasbor dan luas kabin jadi semakin lega.

General Manager Business Communication PT KTB Sudaryanto mengatakan, Mitsubishi Fuso akan terus berusaha menghadirkan kendaraan niaga yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

“Unit Fuso Canter FE SHDX adalah truk yang andal di segala kontur jalan, termasuk di medan berat. Pengembangan unit pun terus dilakukan oleh Mitsubishi Fuso dengan mengahdirkan FE SHDX PTO dan Fuso Canter FE84 SHDX degan kabin lebar. Semua unit ini hadir untuk menjawab kebutuhan konsumen di lapangan,“ ujar Sudaryanto dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (9/2/2024).

Untuk diketahui, Mitsubishi Fuso tidak hanya menawarkan kendaraan berkualitas, tetapi juga layanan purnajual yang menyeluruh, baik dari sisi produk maupun servis.

Demi mendukung kinerja operasional konsumen, Mitsubishi Fuso pun telah mengoptimalkan layanannya melalui keberadaan 221 dealer yang ada di seluruh Indonesia.

Selain dealer, Mitsubishi Fuso juga menyediakan 16 bengkel siaga 24 jam, 18 parts depo, 127 mobile workshop services, dan 6.798 outlet spare part yang tersebar di Tanah Air.

Dengan semua layanan tersebut, konsumen diharapkan dapat merasa terbantu dalam menggunakan setiap produk Mitsubishi Fuso.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com