Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Estimasi Biaya Perbaikan Modul ABS Yamaha NMAX kalau Rusak

Kompas.com - 06/02/2024, 10:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu masalah yang sering ditemui pada Yamaha NMAX adalah kerusakan modul ABS, khususnya untuk model yang mengusung rem Antilock Braking System (ABS).

Cara mudah memperbaiki kerusakan ini dengan mengganti satu set modul yang rusak dengan unit baru. Namun, ada cara lebih murah dengan melakukan servis di bengkel spesialis.

Sumardiyono, pemilik bengkel ABS Motor spesialis skutik Yamaha di Bekasi, Jawa Barat, mengatakan, kerusakan modul ABS biasanya diawali dengan kejadian rembes oli dari master rem.

Baca juga: Video Honda Civic Nyaris Kena Aquaplaning, Akibat Digeber 140 Kpj Saat Hujan

Ilustrasi modul rem ABS motor YamahaDok. ABS Motor Ilustrasi modul rem ABS motor Yamaha

“Rembes itu bergantung pada gaya pengereman. Kalau orangnya tidak agresif, enggak akan rembes,” ujar Sumardiyono, kepada Kompas.com (4/2/2024).

“Karena saya menemukan, NMAX 2015 ada yang tidak rembes. Karena dia (pemilik) memang gaya mengeremnya enggak pernah hard brake,” kata dia.

Sumardiyono juga mengatakan, master rem NMAX yang rembes umumnya terjadi pada tipe ABS 2-Channel, karena cara kerja modul yang relatif lebih berat. Terjadi kondisi di mana tekanan minyak rem akan menekan dua seal sekaligus di dalamnya.

Baca juga: Tarif Perpanjangan SIM A per Februari 2024

“Harga resmi modul ABS NMAX Rp 4,6 juta, dan lebih rawan bocor dibandingkan XMAX,” ucap Sumardiyono.

“Sebenarnya untuk versi ABS (rembes) terjadi juga di Aerox, NMAX dan New NMAX, R25 sama masalahnya, modulnya kena. Tapi di Aerox, problem di modul jarang, karena ABS dia cuma 1 channel,” ujarnya.

Sumardiyono menyarankan agar pemilik NMAX lebih sering melakukan perawatan komponen rem. Dari membersihkan lelehan minyak di master rem, sampai membongkar dinamo modul ABS.

“Kenapa harus dicek? Biasanya kalau ada rembes sedikit, kita cek dan dibersihkan biar enggak masuk ke modul tadi. Jadi langsung ketahuan, enggak sampai terkumpul banyak,” kata Sumardiyono.

Baca juga: Durasi Memanaskan Mesin Motor yang Benar agar Aki Tidak Cepat Tekor

Ilustrasi pengereman Yamaha NMAXOtomania/Setyo Adi Ilustrasi pengereman Yamaha NMAX

Untuk jasa servisnya, pemilik NMAX bakal dikenakan Rp 185.000. Adapun harga spare part-nya berkisar Rp 225.000 sampai Rp 1,2 juta. Jauh lebih murah ketimbang harus mengganti satu set modul ABS.

Menurut dia, servis modul ABS jadi keharusan bagi pemilik NMAX, terutama untuk motor yang sering melakukan hard braking.

Sumardiyono menyarankan perawatan ini dilakukan tiap 10.000 km atau setahun sekali karena sistem ABS bawaan motor tidak bisa dinonaktifkan.

“Menonaktifkan ABS tidak bisa di XMAX dan NMAX karena dia ada pembaca TCS (Traction Control System),” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com