Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebih Mahal, Motor Dilengkapi Rem ABS Punya Banyak Kelebihan

Kompas.com - 13/01/2024, 12:22 WIB
Erwin Setiawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


KLATEN, KOMPAS.com - Sistem rem pada sepeda motor banyak yang sudah dilengkapi anti-lock brake system (ABS) sehingga keselamatan berkendara menjadi lebih terjamin.

Sayangnya, ketika motor dilengkapi sistem ABS maka akan membuat selisih harganya cukup jauh dengan motor tanpa ABS. Hal ini membuat sebagian orang enggan memilihnya.

Sebenarnya, ABS bermanfaat saat motor memerlukan manuver cepat dengan kondisi jalan licin seperti saat musim hujan, jalanan berpasir dan sebagainya.

Baca juga: Begini Cara Merawat Rem ABS pada Sepeda Motor

Modifikasi skutik dengan mengganti suspensi depan dan belakangKOMPAS.com/FATHAN Modifikasi skutik dengan mengganti suspensi depan dan belakang

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, fitur ABS pada sepeda motor sangat berperan penting terutama dalam kondisi darurat.

“Pengaruh ABS dan non ABS besar sekali, dan perlu diketahui pada motor non ABS jarak pengereman berbeda, sebab jarak pengereman ABS lebih pendek dalam situasi darurat,” ucap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri mengatakan, dengan fitur ABS pengendara motor akan mendapatkan keuntungan karena jika mengalami pengereman mendadak motor lebih mudah dikendalikan.

Baca juga: Pro Kontra Rem ABS di Sepeda Motor Bisa Cegah Kecelakaan

AHM menghadirkan pilihan warna terbaru buat skutik New Honda PCX160, yang hadir di tipe CBS maupun ABS.Dok. AHM AHM menghadirkan pilihan warna terbaru buat skutik New Honda PCX160, yang hadir di tipe CBS maupun ABS.

“Intinya dengan ABS akan meringankan tugas-tugas pengendara, sehingga motor bisa melakukan perlambatan hingga pemberhentian lebih maksimal. Selain itu membuat pengemudi punya opsi lain untuk menghindari sambil mengerem, sedangkan di non ABS akan sulit sekali,” ucap Jusri.

Selain itu, Jusri juga menjelaskan, pada pengendara non ABS tanpa sadar melakukan tugas secara bersamaan atau multitasking saat pengereman. Bagi yang tidak terbiasa hal itu akan sulit, apalagi jika roda terkunci.

Berbeda dengan motor yang menggunakan fitur ABS yang bisa meminimalisir terjadinya slip pada roda. Sebab saat sensor ABS membaca putaran ban ada yang mengunci, maka sistem akan melakukan pengereman dengan bertahap secara cepat, sehingga roda tidak terkunci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com