Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marak Pencurian Baterai Motor Listrik, Sudah Ada Penadahnya

Kompas.com - 04/02/2024, 08:21 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasus pencurian baterai motor listrik banyak terjadi sejak pertengahan 2023, dan diprediksi kian marak di 2024.

Modus kejahatan baru ini pertama kali diekspos oleh Komunitas Sepeda Motor Listrik (Kosmik), setelah ada beberapa anggota yang mengaku jadi korban.

Hendro Sutono, pegiat motor listrik dan juru bicara Kosmik mengatakan, pihaknya rutin menggelar investigasi selama beberapa periode waktu.

Berdasarkan hasil rekap investigasi terkini, Hendro dan kelompoknya sempat menangkap beberapa oknum pencuri, sekaligus memetakan jaringan modus kejahatan ini.

Baca juga: Mengemudikan Mobil Lebih Baik Siang atau Malam Hari?

Proses fitting alias pemasangan baterai motor listrik saat konversiKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses fitting alias pemasangan baterai motor listrik saat konversi

“Kasusnya ini masih baru, tapi memang sudah lumayan terorganisir. Ada yang bikin rencana, ada eksekutor yang jadi maling, ada juga penadahnya,” ucapnya kepada Kompas.com, Sabtu (3/2/2024).

Pada mulanya, proses transaksi baterai curian dilakukan di forum-forum jual beli seperti grup Facebook. Namun setelah banyaknya investigasi, lapaknya bergeser menjadi lebih rahasia.

Pergeseran tersebut dikarenakan sudah banyak anggota komunitas dan pegiat motor listrik yang mulai kritis, dan mempertanyakan status kejelasan dari baterai.

“Sudah ada beberapa juga yang ditangkap karena terbukti menjual baterai hasil curian. Makanya sekarang banyak yang jual ke penadah,” kata dia.

Baca juga: Polisi Ingatkan Mobil Pribadi Tidak Boleh Pakai Strobo, Ini Aturannya

Peragaan aksi pencurian baterai motor listrik, bagian jok dibuka dari bawahKompas.com/Daafa Alhaqqy Peragaan aksi pencurian baterai motor listrik, bagian jok dibuka dari bawah

Hendro mengimbau masyarakat pengguna motor listrik untuk selalu berhati-hati dan bersikap kritis saat hendak membeli baterai.

Kalau menjumpai baterai dijual di forum media sosial dengan harga miring dan tidak ada bukti-bukti jelas, patut dicurigai jika itu adalah barang curian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com