Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Radius Pembatasan Beli Tiket Feri Saat Libur Isra Miraj dan Imlek

Kompas.com - 02/02/2024, 06:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masyarakat yang hendak bepergian melalui jalur darat pada saat libur panjang Isra Miraj dan Imlek 2024, khususnya yang ingin menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera dan Bali atau arah sebaliknya, diimbau melakukan pembelian tiket secara online.

Selain itu, para pengendara yang akan menumpang Kapal Feri juga harus melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari sebelum menuju pelabuhan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno mengatakan, pihaknya telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) yang akan mengatur dan membatasi perjalanan pada libur panjang Isra Miraj dan Imlek.

Baca juga: Avanza Lawas Bekas Lebih Banyak Dicari Dibanding Model Baru

Antrian kendaraan saat akan masuk ke dalam kapal laut di Pelabuhan Merak, Banten. Simak daftar tarif terbaru penyeberangan Merak-Bakauheni per Agustus 2023.KOMPAS.COM/RASYID RIDHO Antrian kendaraan saat akan masuk ke dalam kapal laut di Pelabuhan Merak, Banten. Simak daftar tarif terbaru penyeberangan Merak-Bakauheni per Agustus 2023.

Penandatanganan SKB Nomor: KP-DRJD 623 Tahun 2024, SKB/21/1/2024 dan 21/KPTS/Db/2024 dilakukan oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Irjen Pol. Aan Suhanan, dan Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian.

Menurut Hendro, pada angkutan penyeberangan di ruas Merak-Bakauheni, untuk yang menuju Pelabuhan Merak dilakukan penundaan perjalanan dan buffer zone, yang dilakukan di Rest Area KM 42 A dan KM 68 A pada ruas Jalan Tol Jakarta-Merak serta lahan PT Munic Line.

Sedangkan, untuk yang menuju Pelabuhan Bakauheni dilakukan di Rest Area KM 87 B, KM 49 B, dan KM 20 B pada ruas jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar.

Baca juga: Video Pengendara Motor Diduga Terobos Iring-iringan Jokowi

"Mulai 7 Februari 2024 sampai 11 Februari 2024 baik dari Pelabuhan Penyeberangan Merak maupun Bakauheni yang menjadi prioritas adalah kendaraan roda dua, roda empat, dan bus," ujar Hendro, dalam keterangan resmi, Kamis (1/2/2024).

Sementara itu, pembatasan juga akan diberlakukan di penyeberangan Ketapang, Gilimanuk, Jangkar, dan Lembar.

Di mana mulai hari Rabu, 7 Februari 2024 sampai Minggu, 11 Februari 2024, penyeberangan Ketapang-Gilimanuk akan diprioritaskan untuk sepeda motor, mobil penumpang dan Mobil Bus, sedangkan untuk mobil barang tidak menjadi prioritas.

Baca juga: Xpander dan Xpander Cross Hybrid Resmi Meluncur, Pakai Mesin Baru Dijual Rp 400 Jutaan

Sejumlah pemudik bersepeda motor antre untuk naik ke kapal di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022). Sebanyak 33.330 unit kendaraan roda dua tercatat telah menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk pada 22-29 April 2022 dan menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan pemudik di Pelabuhan Gilimanuk.ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF Sejumlah pemudik bersepeda motor antre untuk naik ke kapal di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022). Sebanyak 33.330 unit kendaraan roda dua tercatat telah menyeberang ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk pada 22-29 April 2022 dan menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan pemudik di Pelabuhan Gilimanuk.

Kemudian, kendaraan bermotor yang akan melalui Pelabuhan Jangkar ataupun Pelabuhan Lembar adalah kendaraan bermotor dengan daya angkut maksimal 40 Ton

"Pada lintas Ketapang-Gilimanuk juga akan ada pengaturan perjalanan (delaying system) dan Buffer zone," ucap Hendro.

Tujuan Pelabuhan Ketapang dari Situbondo dilakukan di Rest Area Gran Watudodol Jalan Raya Pantura Banyuwangi-Situbondo dan dari arah Jember dilakukan di kantong parkir Dermaga Bulusan. Sedangkan tujuan Gilimanuk dilakukan di terminal kargo Gilimanuk Jalan Raya Denpasar-Gilimanuk.

Baca juga: Video Viral Bus PO Rosalia Indah Tabrak Kerbau di Jalan Tol

Antrean kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Minggu (23/4/2023) sore. Arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa mulai ramai.KOMPAS.com/TRI PURNA JAYA Antrean kendaraan di dermaga eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Minggu (23/4/2023) sore. Arus balik pemudik dari Sumatera ke Jawa mulai ramai.

Berikut ini radius pembatasan pembelian tiket di rute Merak-Bakauheni:

1. Pelabuhan Merak sejauh 4,71 KM dari titik tengah pelabuhan terluar (sebagai contoh acuan titik Hotel Pesona Merak); dan

2. Pelabuhan Bakauheni sejauh 4,24 KM dari titik tengah pelabuhan terluar (sebagai contoh acuan Balai Karantina Pertanian).

Sementara itu, berikut ini radius pembatasan pembelian tiket di rute Ketapang-Gilimanuk:

1. Pelabuhan Ketapang sejauh 2,65 KM dari titik tengah pelabuhan terluar (sebagai contoh acuan Terminal Sri Tanjung); dan

2. Pelabuhan Gilimanuk sejauh 2,0 KM dari titik tengah pelabuhan terluar (sebagai contoh acuan Terminal Kargo).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com