Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Peluncuran Varian Hybrid, Stok Xpander Bekas Diklaim Menipis

Kompas.com - 30/01/2024, 14:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Mitsubishi Xpander merupakan salah satu mobil keluarga yang banyak diburu dalam kondisi baru ataupun bekas. Tampilan sporty memberikan warna baru pada segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

Apalagi pada 1 Februari 2024 Mitsubishi berencana meluncurkan Xpander dan Xpander Cross hybrid di Thailand, dan Indonesia menyusul di waktu berbeda. Artinya nanti masyarakat bakal punya banyak pilihan.

Baca juga: Simak Harga Xpander Bekas Jelang Peluncuran Varian Hybrid

Test drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Test drive Mitsubishi Xpander

Sebagai informasi, Indonesia sebetulnya menjadi negara pertama yang memproduksi dan meluncurkan Xpander pada 2017. Namun, untuk Xpander hybrid, Mitsubishi Motor Corp lebih menunjuk Thailand dibandingkan Indonesia.

“Harga Xpander Hybrid di Thailand bisa lebih murah, karena adanya insentif di negara tersebut. Harga retailnya bisa sama dengan mobil mesin bensin,” ucap Hiroshi Nagaoka, Executive Vice President MMC, beberapa waktu lalu.

Jelang peluncuran tipe hybrid, ketersedian Xpander bekas di beberapa bursa mobil bekas terbilang tidak melimpah karena tingginya permintaan.

Baca juga: Menanti Kehadiran Xpander Hybrid di Indonesia

Ilustrasi fitur cruise control pada setir Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi fitur cruise control pada setir Mitsubishi Xpander

Boncu, Salah Seorang Admin Penjual Mobil Bekas Trisno Motor Solo mengatakan Xpander termasuk salah satu mobil yang banyak diburu masyarakat.

“Namun, kami jarang main unit tersebut karena ketersediaan unitnya bisa dibilang terbatas, kami biasanya kalah cepat dengan kompetitor, tidak usah ambil pusing kami memainkan unit lain yang sama-sama diminati,” ucap Boncu kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Boncu mengatakan peminat Xpander bekas bisa dibilang lebih banyak daripada ketersediaannya di pasaran. Membuat mobil ini diburu oleh pedagang ataupun konsumen secara langsung.

Baca juga: Mitsubishi Xpander HEV Siap Meluncur 1 Februari 2024

Mitsubishi Xpander saat menepi sejenak di Gerbang Tol Kalingkung, Jawa Tengah.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mitsubishi Xpander saat menepi sejenak di Gerbang Tol Kalingkung, Jawa Tengah.

“Banderolnya mulai Rp 180 juta sampai Rp 250 juta, usia unit rata-rata masih muda karena mulai ada tahun 2017, jenis transmisi juga menentukan harga, yang matik lebih mahal tapi banyak diminati,” ucap Boncu.

Boncu mengatakan dalam usaha jual beli mobil bekas, yang terpenting adalah bisa memutar keuangan sehingga tidak terpaku pada salah satu jenis atau merek mobil tertentu. Maka dari itu meski ketersediaan Xpander bekas menipis tidak membuatnya berhenti dalam menjalankan usahanya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Senin (29/1/2024) berikut banderol Xpander di beberapa bursa mobil bekas daring:

Baca juga: Seberapa Irit BBM Xpander Diajak Mudik Natal Jakarta-Yogyakarta?


 

  • 1.5 Ultimate AT 2017, Rp 185.000.000
  • 1.5 Exceed MT 2018, Rp 165.000.000
  • 1.5 GLS MT 2019, Rp 179.000.000
  • 1.5 GLS MT 2020, Rp 185.000.000
  • 1.5 Sport AT 2021, Rp 222.000.000
  • 1.5 Exceed AT 2022, Rp 229.000.000

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com