Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Belum Siap Jualan Motor Listrik di Indonesia

Kompas.com - 30/01/2024, 09:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar motor listrik Tanah Air yang tengah berkembang rupanya tidak memancing minat Suzuki untuk meluncurkan produknya.

Padahal Suzuki secara global telah memiliki motor listrik, yang sempat diperkenalkan pada ajang Japan Mobility Show 2023, yaitu Suzuki e-Burgman.

Selain itu, beberapa anggota AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia) juga sudah mengenalkan motor listrik, seperti Honda dengan EM1 e: dan Kawasaki dengan Ninja e-1 dan Z e-1.

Baca juga: Pabrik Sel Bahan Bakar Honda CR-V FCEV Resmi Beroperasi

Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.KOMPAS.com/Agung Kurniawan Battery pack yang dipakai Suzuki e-Burgman sama dengan yang dipakai motor listrik Honda.

Yohei Shinozaki, Marketing Director Division Head Sales & Marketing 2 Wheels PT Suzuki Indomobil Sales, mengatakan, peluncuran motor listrik tidak akan dilakukan dalam waktu dekat.

"Pada dasarnya kami memiliki EV, kan sudah diperkenalkan di Jepang. Tapi saat ini untuk pemasarannya masih belum untuk di Indonesia," ujar Shinozaki di Cikarang, Jawa Barat, Senin (29/1/2024).

"Tapi kami sudah perkenalkan di Japan Mobility kan, dan belum dijual juga di sana (Jepang). Untuk tahun ini belum ada pastinya (diluncurkan di Indonesia)," kata dia.

Baca juga: Pemilik Avanza Jangan Lakukan Ini jika Ingin Transmisi Matik Awet

Sebagai informasi, Suzuki e-Burgman yang diperkenalkan di ajang Japan Mobility Show 2023 mengusung tampilan yang mirip dengan Burgman Street 125EX.

Dengan kombinasi warna putih dan biru, dimensi motor listrik ini memiliki panjang 1.825 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1.140 mm, serta berat kosongnya mencapai 147 Kg.

Tenaga yang dihasilkan dari dinamo adalah 0,98 kW sampai 4 kW (peak) atau setara 1,3 TK sampai 5,3 Tk dan torsi maksimalnya ada di angka 18 Nm.

Suzuki e-Burgman dibekali baterai lithium ion dengan sistem AC, yang kalau dikendarai konstan pada kecepatan 60 Kpj punya jarak tempuh sampai 44 Km

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com