Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingat, Mobil yang Pakai Pelat Nomor Khusus Tidak Kebal Hukum

Kompas.com - 30/01/2024, 09:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masih ada beberapa miskonsepsi terkait pelat nomor dewa alias pelat nomor khusus pejabat instansi, yang saat ini cukup ramai diperbincangkan.

Karena diperuntukkan bagi kalangan pejabat, sebagian masyarakat menganggap pelat nomor khusus punya beberapa keistimewaan. Ternyata asumsi semacam ini keliru dan perlu diluruskan.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus menjelaskan, tidak ada perbedaan kedudukan hukum antara pelat nomor khusus atau biasa, semuanya dianggap sama dan setara.

Baca juga: Motor Listrik Yadea Dapat Diskon Rp 2 Juta

Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Dipalsukan 
TMC Polda Metro Belum Lama Diumumkan, Pelat Nomor Dewa Baru Sudah Dipalsukan

“Ini masih banyak kekeliruan di masyarakat ya, jadi pelat nomor khusus atau pelat nomor rahasia itu tidak punya keistimewaan hukum, tidak ada,” kata dia di sela-sela konferensi pers, belum lama ini.

Yusri mengatakan, selayaknya fungsi tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) pada umumnya, fungsi utama pelat nomor khusus adalah untuk identifikasi.

Namun untuk pelat nomor khusus, proses identifikasinya dikelompokkan untuk masing-masing instansi agar dengan kode-kode yang sudah ditetapkan. Contohnya pejabat Polri memakai kode ZZP, pejabat TNI dengan kode ZZT, dan sejenisnya.

Baca juga: Simak Harga Xpander Bekas Jelang Peluncuran Varian Hybrid

Petugas Ditlantas Polda Riau saat menilang mobil dinas anggota dewan Sumbar, yang menggunakan pelat palsu.Dok. Ditlantas Polda Riau Petugas Ditlantas Polda Riau saat menilang mobil dinas anggota dewan Sumbar, yang menggunakan pelat palsu.

Yusri menambahkan, sangat keliru jika ada anggapan pemilik pelat nomor khusus punya imunitas alias kebal hukum. Bila mana terjadi pelanggaran, penggunanya tetap akan dikenakan sanksi.

“Saya tegaskan lagi, pengguna nomor khusus dan nomor rahasia tidak bebas melanggar lalu lintas. Kedudukannya masih setara,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com