Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Penyebab Transmisi Mobil Matik Rontok

Kompas.com - 29/01/2024, 18:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

GUNUNG KIDUL, KOMPAS.com - Transmisi matik bisa cepat rusak bila dioperasikan dengan tidak tepat dan minim melakukan perawatan. Namun, bisa saja perawatan sudah dilakukan dan dioperasikan dengan benar transmisi rusak karena hal lain.

Misal terjadi kesalahan pengisian oli, volume tidak tepat dan terjadi kesalahan dalam perawatan transmisi matik. Faktor penyebab kerusakan tersebut terjadi di bengkel ketika melakukan perawatan.

Sehingga penting bagi konsumen untuk bisa memilih bengkel yang kompeten dan bertanggung jawab secara penuh terhadap pekerjaannya.

Baca juga: Komparasi Estimasi Biaya Perbaikan Transmisi Matik Avanza dan Grand Livina

Transmisi mobil transmisi matikKOMPAS.com/Gilang Transmisi mobil transmisi matik

Ian, Mekanik GK Auto Service Gunung Kidul mengatakan salah satu faktor yang bisa membuat transmisi matik awet adalah perawatan.

Perawatan transmisi matik harus dilakukan dengan baik dan benar agar hasilnya sesuai ekspektasi, artinya konsumen harus pintar-pintar memilih bengkel karena tidak semua bengkel kompeten menangani masalahi matik,” ucap Ian kepada Kompas.com, Senin (29/1/2024).

Ian mengatakan ada banyak jenis transmisi matik, ada AT konvensional dan CVT. Keduanya memakai jenis oli berbeda, jika salah bisa membuat kampas matik bekerja tidak optimal.

Baca juga: Alasan yang Bisa Bikin Transmisi Matik Jebol


“Selain jenis olinya, bengkel juga harus mengerti kapasitas oli matik atau menentukan volume yang benar untuk suatu mobil, dalam melakukan perawatan juga harus berdasarkan SOP yang benar dan terukur,” ucap Ian.

Jangan sampai perbaikan yang dilakukan justru membuat masalah lain di kemudian hari karena tidak diperhitungkan dengan matang.

“Transmisi matik bisa rusak bila oli yang diisikan kurang karena akan menyebabkan tekanan olinya tidak stabil, sehingga suhu oli menjadi lebih tinggi dan gosong akibat terjadinya gesekan berlebih pada kelompok kopling yang selip,” ucap Ian.

Jadi, memilih bengkel yang kompeten untuk melakukan perawatan transmisi matik berperan penting dalam menjaga usia transmisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com