Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral, Aksi Penyelamatan Mobil Meluncur karena Lupa Direm Tangan

Kompas.com - 27/01/2024, 15:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan aksi penyelamatan seseorang terhadap mobil yang melaju karena lupa direm tangan. Mobil tersebut hampir saja mengalami kecelakaan.

Video berdurasi pendek itu diunggah oleh akun Instagram @lowslow.indonesia, Sabtu (27/1/2024). Pada video tersebut, terlihat pengemudi turun dari mobil untuk membuka pagar.

Baca juga: Saat Musim Hujan, Hindari Parkir Menggunakan Rem Tangan

Tapi, mobil melaju perlahan karena lupa direm tangan dan permukaan jalan yang sedikit menurun. Beruntung sang pengemudi tersebut sigap dan langsung lari lalu melompat ke dalam mobil untuk menginjak rem.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by LOWSLOW® Official (LS) (@lowslow.indonesia)

"Ketika mobil lupa direm tangan," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Video tersebut menuai banyak komentar dari warganet. Banyak yang menilai pengemudi ceroboh karena lupa menarik rem tangan. Namun, banyak juga yang memuji kesigapan pengemudi tersebut.

Baca juga: Cara Menarik Rem Tangan yang Benar, Jangan Dipencet!

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, meremehkan kondisi sekitar ini wajar terjadi ketika pengemudi sampai tujuan. Merasa tanggung jawabnya selesai, sehingga kewaspadaan turun.

Ilustrasi rem tangan mobil () Ilustrasi rem tangan mobil

"Proses operasional itu harus benar sampai kendaraan berhenti dan mesin mati. Pertama, saat berhenti pastikan di posisi yang aman, tidak mengganggu lalu lintas, dan selalu mengamati area sekitarnya," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Kedua, tarik rem parkir dengan sebelumnya memposisikan tuas transmisi di Netral," kata duta merek GT Radial tersebut.

Ketiga, Sony menambahkan, tunggu sekitar 2 detik hingga 5 detik, pastikan mobil tidak bergerak, baru turun dari mobil untuk melakukan aktivitas lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com