Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video Viral, Aksi Penyelamatan Mobil Meluncur karena Lupa Direm Tangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, beredar video viral di media sosial yang memperlihatkan aksi penyelamatan seseorang terhadap mobil yang melaju karena lupa direm tangan. Mobil tersebut hampir saja mengalami kecelakaan.

Video berdurasi pendek itu diunggah oleh akun Instagram @lowslow.indonesia, Sabtu (27/1/2024). Pada video tersebut, terlihat pengemudi turun dari mobil untuk membuka pagar.

Tapi, mobil melaju perlahan karena lupa direm tangan dan permukaan jalan yang sedikit menurun. Beruntung sang pengemudi tersebut sigap dan langsung lari lalu melompat ke dalam mobil untuk menginjak rem.

Video tersebut menuai banyak komentar dari warganet. Banyak yang menilai pengemudi ceroboh karena lupa menarik rem tangan. Namun, banyak juga yang memuji kesigapan pengemudi tersebut.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana, mengatakan, meremehkan kondisi sekitar ini wajar terjadi ketika pengemudi sampai tujuan. Merasa tanggung jawabnya selesai, sehingga kewaspadaan turun.

"Proses operasional itu harus benar sampai kendaraan berhenti dan mesin mati. Pertama, saat berhenti pastikan di posisi yang aman, tidak mengganggu lalu lintas, dan selalu mengamati area sekitarnya," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Kedua, tarik rem parkir dengan sebelumnya memposisikan tuas transmisi di Netral," kata duta merek GT Radial tersebut.

Ketiga, Sony menambahkan, tunggu sekitar 2 detik hingga 5 detik, pastikan mobil tidak bergerak, baru turun dari mobil untuk melakukan aktivitas lainnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/27/154200015/video-viral-aksi-penyelamatan-mobil-meluncur-karena-lupa-direm-tangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke