Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu-ibu Lupa Tarik Rem Tangan, Mobil Meluncur Liar ke Tengah Jalan

Kompas.com - 19/06/2023, 13:58 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial yang memperlihatkan low SUV yang sedang diparkir meluncur liar ke tengah jalan akibat kecerobohan sang pemilik kendaraan.

Dalam rekaman yang diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Minggu (18/6/2023), mulanya terlihat seorang ibu-ibu yang baru turun dari mobilnya.

Saat baru berjalan beberapa langkah meninggalkan mobil, tiba-tiba kendaraan Toyota Rush berwarna putih itu mundur ke jalan, akibat sang pemilik lupa mengaktifkan rem tangan.

Beruntung, mobil tersebut dapat berhenti tanpa melukai pengguna jalan lain.

Baca juga: Marquez Jatuh Melulu, Quartararo Malah Kasih Ucapaan Selamat

Insiden seperti ini memang bukan yang pertama kali terjadi, bahkan tak jarang yang mencelakai pengguna jalan lainnya.

Maka dari itu, pengemudi harus memahami beberapa hal agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, kondisi tersebut merupakan kebiasaan salah yang sering dilakukan pengemudi ketika sudah sampai tujuan. Namun, kondisi belum benar-benar aman sehingga ada kewaspadaan yang diabaikan.

“Memang mobil berhenti, tetapi selama ban masih tidak terkunci atau mesin masih hidup, maka kemungkinan bergesernya besar,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurut Sony, salah satu kunci dari pengendalian mobil adalah posisi duduk yang benar. Dengan begitu, setir dan pedal-pedal yang ada di bawah dalam jangkauan pengemudi.

Baca juga: Sudah Diskon Rp 30 Juta, Ini Skema Cicilan Suzuki XL7 Hybrid

Apabila posisi duduk tidak sempurna maka akan ada yang salah dalam melakukan standar operasional, yang paling sering adalah mobil transmisi otomatis. Di mana kendaraan berhenti dan posisi gear ke R, tapi posisi kaki tidak sempurna berada di depan pedal rem.

“Kalau mobil bergerak dan membuat pengemudi panik, maka pedal gas akan diinjak dan mobil meluncur tanpa kendali,” lanjutnya.

Untuk itu, penting bagi pengemudi untuk selalu memastikan rem tangan aktif saat hendak parkir agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com