Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Ingin Bikin Merek Baru, Lebih Mewah dari Lexus

Seorang eksekutif anonim Toyota menyebut pihaknya saat ini sedang menjajaki kemungkinan untuk memisahkan merek Century menjadi entitas sendiri. Bila terwujud maka posisi Century akan berada di atas Lexus.

Dalam laporan Carscoops, selama ini Lexus menjadi andalan di segmen mewah meski pada akhirnya levelnya bertarung dengan merek-merek Eropa terutama Jerman. Di sisi lain Toyota ingin ada merek baru untuk segmen ultra mewah.

Rencana Toyota membidik pasar ultra mewah di atas Lexus sebetulnya merupakan pertaruhan merek. Namun hal ini bukanlah langkah pertama Toyota yang mencoba memasuki pasar kelas atas dengan merek baru.

Century memiliki akar yang kuat dalam sejarah toyota karena pertama kali hadir pada 1967 atau sudah berumur 57 tahun. Ketika itu Century hadir sebagai limusin pertama dan memang diposting sebagai mobil premium.

Selain mewah salah satu keunggulan Century ialah mengusung mesin besar. Jantungnya dibekali mesin V8, kemudian pilihan mesinnya makin besar yaitu V12, dan akhirnya menggunakan powertrain hybrid V8.

Perlakukan Century sendiri memang berbeda dari model Toyota lainnya atau dibandingkan sedan mewah Toyota Crown. SUV Century saat ini dibuat oleh sekelompok pekerja terpilih yang terdiri dari 40 pekerja.

Tiap pekerja harus menyelesaikan ujian agar memenuhi syarat masuk tim. Kemudian tiap orang membutuhkan waktu 12 kali lebih lama dibandingkan pekerja di jalur lain untuk mengencangkan baut dan merakit komponen dengan sempurna.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/25/154100215/toyota-ingin-bikin-merek-baru-lebih-mewah-dari-lexus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke