Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi BYD Seal dan Hyundai Ioniq 6, Mana yang Lebih Unggul?

Kompas.com - 21/01/2024, 09:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD resmi memulai debutnya di Tanah Air pada Kamis (18/1/2024). Produsen mobil listrik dari negeri Tiongkok ini membawa tiga lini produk unggulannya, salah satunya adalah BYD Seal yang bermain di segmen sedan.

Mobil listrik ini bisa menjadi pesaing tangguh dari Hyundai Ioniq 6 yang sudah lebih dulu meluncur di Tanah Air.

Bicara soal bentuk, baik BYD Seal dan Hyundai Ioniq 6 sama-sama mengusung desain sedan sporty yang cukup agresif.

Baca juga: VR46 Agency, Lini Bisnis Baru Valentino Rossi untuk Cari Sponsor

Garis tajam mendominasi bagian depan BYD Seal, dengan lampu utama yang dibuat menyipit sehingga terlihat begitu atraktif. Sementara Hyundai Ioniq 5 tampil lebih futuristis dengan desain lampu depan berbentuk pixel.

Secara dimensi BYD Seal memiliki panjang 4.800 mm, lebar 1.875 mm dan tinggi 1.460 mm.

Sedangkan Hyundai Ioniq 5 memiliki panjang 4.855 mm, lebar 1.880 mm, dan tinggi 1.495 mm. Dengan kata lain, Hyundai Ioniq 6 memiliki dimensi sedikit lebih panjang, lebar dan tinggi dibanding BYD Seal.

Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6edij@nw@ri Test drive mobil listrik Hyundai Ioniq 6

Berlanjut ke bagian interior, kabin BYD Seal cukup mewah dan elegan, didominasi dengan warna hitam. Tampilan dasbor tampak begitu modern dengan model kisi-kisi AC dan door handle yang tidak biasa.

Mobil ini juga sudah dibekali dengan layar head unit besar berukuran 15,6 inci yang bisa di putar sesuai keinginan (tampilan landscape atau potrait). Head unit tersebut sudah terkoneksi dengan fitur Bluetooth, serta phone connectivity dan audio streaming.

Semakin menambah kesan mewah, BYD Seal juga sudah dibekali dengan panoramic glass roof.

Sementara itu, interior Hyundai Ioniq 6 secara keseluruhan tak jauh berbeda dari Ioniq 5. Kabin Ioniq 6 didominasi dengan warna hitam sehingga menambah kesan sporty pada mobil ini.

Interior BYD SealKompas.com/Nanda Interior BYD Seal

Sedan listrik asal Korea Selatan ini dibekali layar ganda yang mencakup head unit dan cluster instrument berukuran 24,6 inci.

Head unit sudah terkoneksi dengan Bluetooth dan USB, serta dibekali sistem audio Bose. Sayangnya, Ioniq 5 belum dibekali panoramic roof maupun sunroof.

Tak kalah penting adalah soal daya jelajah atau jarak tempuhnya. BYD Seal disajikan dengan tiga varian, untuk yang Dynamic Standar Range dibekali dengan baterai berkapasitas 61,44 kWh yang mampu menempuh jarak tempuh 510 Km.

Sementara untuk Premium Extended Range dibekali baterai berkapasitas 82,56 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 650 Km, serta AWD Performance dengan kapasitas baterai 82,56 kWh yang mampu menempuh jarak 580 Km.

Sedangkan untuk varian Premium Extended Range dibekali baterai berkapasitas 60,48 kWh yang punya daya jelajah 490 Km (berdasarkan NEDC).

Hyundai Ioniq 6 Kompas.com Hyundai Ioniq 6

Sementara itu, Hyundai Ioniq 6 hanya dibekali satu varian yakni Signature dengan baterai berkapasitas 77,4 kWh yang mampu menempuh jarak 519 Km. Daya jelajah tersebut didapat dengan metode WLTC.

Dari data di atas, Hyundai Ioniq 6 sedikit lebih unggul dari segi dimensi. Namun, BYD Seal memiliki kelebihan dengan menyajikan beberapa varian yang bisa dipilih konsumen berdasarkan jarak tempuh.

Baca juga: Andalkan SUV dan Crossover, Mazda6 Setop Produksi di Jepang

Sebagai informasi, Hyundai Ioniq 6 dibanderol dengan harga Rp 1,2 miliar, sedangkan BYD Seal belum dijual secara resmi. Namun berdasarkan kabar yang beredar, sedan listrik asal Tiongkok ini bakal dijual dengan rentang harga Rp 700 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com