Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adu Efisiensi Baterai, Hyundai Ioniq 5 Lawan MG4 EV

Kompas.com - 18/01/2024, 08:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu faktor yang menjadi bahan pertimbangan saat membeli mobil listrik adalah daya jelajah atau kemampuan jarak tempuh dari baterai. Hyundai Ioniq 5 dan MG4 EV sering kali dibanding-bandingkan, termasuk juga efisiensi daya.

Kedua mobil listrik tersebut sudah sempat dites oleh redaksi Kompas.com. Pengetesan dilakukan dengan simulasi berkendara harian di perkotaan, dengan kondisi lalu lintas yang dinamis, dan tanpa menggunakan teknik eco driving.

Baca juga: Adu Performa Mobil Listrik, MG4 EV Lawan Hyundai Ioniq 5

Pada Ioniq 5 tipe Signature Long Range, Hyundai membekalinya dengan baterai berkapasitas 72,6 kWh. Hyundai mengeklaim mobil listrik ini dapat menempuh jarak hingga 481 Km.

Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Hyundai Ioniq 5

Sedangkan MG4 EV tipe Magnify i-Smart, kapasitas baterainya lebih kecil, yakni 51 kWh. MG menyebutkan jarak yang bisa ditempuh dengan baterai tersebut adalah 425 Km.

Ketika dilakukan pengetesan, Ioniq 5 menghasilkan rata-rata pemakaian daya 15,6 kWh per 100 Km atau 6,4 Km per kWh. Jika dikalikan dengan kapasitas baterai, maka daya jelajah Ioniq 5 mencapai 465 Km.

Baca juga: Adu Fitur MG4 EV dan Hyundai Ioniq 5, Mana Lebih Canggih?

Sementara MG4 EV, menghasilkan 16,2 Km per 100 Km atau 6,1 Km per kWh. Jika dikalikan dengan kapasitas baterai, crossover listrik ini dapat menjelajah hingga 311 Km.

Test drive mobil listrik MG4 EVKompas.com/Donny Test drive mobil listrik MG4 EV

Soal efisiensi daya, kapasitas baterai, dan daya jelajah, Ioniq 5 jauh lebih unggul dari MG4 EV. Namun, perlu diingat juga bahwa harga yang ditawarkan oleh Hyundai juga lebih tinggi dibandingkan MG.

Ioniq 5 yang sudah diproduksi secara lokal ini sekarang dibanderol mulai Rp 782 juta (OTR Jakarta) hingga Rp 895 juta (OTR Jakarta). Sedangkan MG4 EV yang belum lama ini dirakit secara lokal, harga tipe tertingginya hanya Rp 433 juta (OTR Jakarta).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com