Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan dan Banjir Bisa Jadi Pembuktian Daya Tahan Motor Listrik

Kompas.com - 17/01/2024, 16:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Datangnya musim hujan di awal 2024 dianggap sebagai momen pembuktian, untuk menguji kekuatan, ketangguhan, dan ketahanan motor listrik saat menghadapi kondisi basah.

Hingga saat ini, topik terkait daya tahan motor listrik saat menghadapi hujan lebat atau banjir masih diperbincangkan masyarakat. Kondisi ini dinilai wajar, mengingat motor listrik sendiri masih tergolong konsep baru di Indonesia.

Willawati, co-Founder PT Nagara Sains Ekosistem (Nagara) yang bergerak di produksi motor listrik konversi, menjelaskan, musim hujan bisa jadi kesempatan untuk membuka pandangan masyarakat terhadap kendaraan listrik.

“Tantangan motor listrik saat ini adalah exposure, antara konsumen belum tahu, atau sudah tahu tapi masih sangsi (enggan membeli),” ucapnya saat berbincang dengan Kompas.com di Jakarta, Sabtu (13/1/2024).

Baca juga: Konversi Motor Listrik Murah Khusus Honda BeAT, Harga Rp 4 Juta

Proses konversi motor matik menjadi motor listrik di bengkel spesialis konversi NagaraKompas.com/Daafa Alhaqqy Proses konversi motor matik menjadi motor listrik di bengkel spesialis konversi Nagara

Dia mengatakan, tren motor listrik di Indonesia mulai ramai pada pertengahan 2023, bersamaan dengan diumumkannya subsidi kendaraan listrik.

“Pas di momen-momen itu, kita (Indonesia) baru masuk ke musim kemarau, hujannya jarang. Jadi kondisi lingkungan bisa dikatakan baik,” ucapnya.

Memasuki musim hujan, kondisi cuaca akan berubah 180 derajat. Situasi semacam banjir, hujan deras, dan sejenisnya dianggap bisa jadi pembuktian akan kualitas motor listrik.

Baca juga: Cuci Gudang, Diskon Terios sampai Rp 28,5 Juta

Baterai Motor listrik Honda EM1 e:Dok. AHM Baterai Motor listrik Honda EM1 e:

Willawati mengaku optimistis jika tren motor listrik akan meningkat di semester pertama tahun ini, selaras dengan terbuktinya kualitas saat menghadapi cuaca.

“Komponen kendaraan listrik pada umumnya itu sudah dilengkapi IP Rating, jadi sudah ada sertifikasinya supaya bisa anti air dan panas,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com