Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Pasang Boks Motor, Cocok buat Harian dan Touring

Kompas.com - 17/01/2024, 11:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Penggunaan boks motor tengah menjadi tren pada kendaraan roda dua. Terutama buat motor dengan kapasitas bagasi yang kecil.

Tidak hanya di motor sport ataupun bebek, pengguna motor skutik juga mulai banyak yang memasang boks tambahan untuk menambah penyimpanan.

Bayu Saputro, Marketing Givi Indonesia, mengatakan, pemasangan boks tambahan masih diminati konsumen karena dapat meningkatkan kepraktisan motor saat dipakai harian maupun touring.

Baca juga: Cara Baru PO Rosalia Indah Cegah Kehilangan Barang Penumpang

Pilihan boks motor merek Givi, di mana tersedia pula buat Honda EM1 e:.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Pilihan boks motor merek Givi, di mana tersedia pula buat Honda EM1 e:.

Terlebih saat musim hujan seperti sekarang, pemasangan boks motor berguna untuk menyimpan helm, atau melindungi barang-barang lainnya saat parkir.

Bayu mengatakan, pemilihan boks motor enggak bisa sembarangan. Ada beberapa cara yang bisa diikuti dalam memilih boks motor.

“Selain kapasitas mesin, kita bisa lihat dari lebarnya, sama proporsional atau tidak. Biasanya kita akan tanya peruntukan dulu, kalau buat harian biasanya maksimal 33 liter atau 36 liter, itu sudah cukup,” ujar Bayu, kepada Kompas.com (15/1/2024).

Baca juga: 10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia Sepanjang 2023

“Karena lebih dari itu takutnya dia terlalu mengayun. Kalau diisi beban lebih banyak, yang akan kalah dari rangkanya,” kata dia.

Bayu juga mengatakan, ada beberapa contoh kasus pemasangan boks yang membuat rangka bengkok di bagian belakang atau dudukannya.

Biasanya dengan besarnya kapasitas boks, pemilik bakal mengisi penuh atau memaksimalkan ruang penyimpanan tersebut. Oleh sebab itu, Bayu tidak menyarankan boks ukuran besar, namun menyesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Skema Kredit Polytron Fox S, Angsuran mulai Rp 500.000-an

IMOS 2022 dimeriahkan berbagai komponen pendukung dengan roda dua, salah satunya ialah boks motor dari merek Givi.KOMPAS.com/Gilang IMOS 2022 dimeriahkan berbagai komponen pendukung dengan roda dua, salah satunya ialah boks motor dari merek Givi.

“Beberapa konsumen datang, jadi rangkanya bengkok di bagian belakang atau dudukannya, karena dia pakai ukuran 43 liter buat motor 125 cc. Jadi bukan braketnya yang patah, tapi rangkanya yang kena,” ucap Bayu.

Adapun buat model boks yang banyak dipilih konsumen biasanya model membulat dan model mengotak.

Untuk model membulat, menurut Bayu, lebih cocok buat harian karena terdapat lampu reflektor atau lampu rem tambahan. Selain itu desainnya lebih dinamis khas perkotaan.

Sedangkan boks model mengotak, lebih cocok buat touring. Desainnya tampak tangguh dan tahan segala cuaca.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com