Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Bisa Dipesan, Intip Spesifikasi Mobil Listrik VinFast

Kompas.com - 11/01/2024, 19:31 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran VinFast ke pasar Indonesia agaknya bukan lagi rumors belaka. Kini perusahaan telah memiliki beberapa jaringan diler, salah satunya berlokasi di kawasan Jakarta Barat.

Bahkan menurut salah satu pramuniaga, bagi calon konsumen yang berminat sudah bisa melakukan pemesanan awal untuk dua model VinFast, yaitu VF 5 dan VF e34 sebesar Rp 10 juta.

"Rencana yang akan dipasarkan di Indonesia baru VF e34 dan VF 5. Booking fee Rp 10 juta," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Kamis (11/1/2024).

Baca juga: 11.230 Knalpot Bising Dimusnahkan di Bandung, Penggunanya Kena Denda

Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.DPA/MAXPPP via DW INDONESIA Pabrik mobil VinFast di Hai Phong, Vietnam.

Menurut pramuniaga tersebut, jika memesan VF e34 atau VF5 sekarang, unit akan dikirimkan setelah peluncurannya di IIMS 2024. Hanya saja, dia belum bisa mengungkapkan berapa estimasi harga untuk mobil listrik itu.

Sementara spesifikasinya, tidak akan jauh berbeda dengan yang dipasarkan di global. Artinya, dalam debutnya di Indonesia kendaraan VinFast akan diimpor dahulu.

Mengintip data spesifikasi di global, VF e34 memiliki desain yang kompak dengan dimensi panjang 4.300 mm, lebar 1.793 mm, dan tinggi 1.613 mm, serta jarak sumbu roda mobil 2.611 mm.

Mobil ditenagai oleh motor listrik dan menggunakan baterai 42 kWh yang bisa merilis arus listrik bertenaga 110 kW (150 PS) dan torsi puncak 242 Nm.

Baca juga: Cara Daftar Tarif Khusus untuk Naik Teman Bus

VinFast VFe34 Foto: VinFast VinFast VFe34

Baterainya dapat diisi ulang hingga penuh dalam waktu sekitar 30 menit saja dengan fast charging. Kekuatan akselerasi mobil dari diam sampai 100 kpj bisa ditempuh dalam 9,9 detik dan memiliki kecepatan maksimal 150 Kpj.

Adapun jarak tempuh maksimal dari mobil ini adalah 285 Km berdasarkan standar NEDC (New European Driving Cycle).

Harga di pasar domestik, VF e34 dibanderol 690 juta dong atau sekitaran Rp 430 juta. Patut dicatat, VinFast VF e34 dijual tanpa baterai, jadi pengguna harus menyewa baterainya dengan biaya 1,45 juta dong alias Rp 600.000 tiap bulan.

Sementara VF 5 electric merupakan kendaraan perkotaan bergaya SUV dari VinFast Group. Dimensinya sedikit lebih besar, yaitu panjang 3.965 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.580 mm, dan wheelbase 2.513 mm.

Punya bodi ringkas, kendaraan ini mampu mengembuskan tenaga puncak 100 kW atau 134 dk dan torsi puncak 135 Nm.

Baca juga: Bahaya, Jangan Pernah Injak Rem Saat Mobil Alami Aquaplaning

VinFast VF5dok.Istimewa VinFast VF5

Tenaga ini dihasilkan dari motor penggerak yang disalurkan dari baterai lithium ion berkapasitas 37,23 kWh.

Klaimnya VF5 Plus bisa menempuh jarak lebih dari 300 kilometer pada standar New European Driving Cycle (NEDC). Soal harga, di Vietnam mobil dipasarkan dengan banderol 458 juta dong atau Rp 294 jutaan.

Sebelumnya, Direktur Penjualan dan jaringan VinFast Indonesia Surachman Nugroho menyatakan bahwa ada beberapa produk yang akan menjalani debut perkenalan di Indonesia dalam waktu dekat.

"Masuknya VinFast ke Indonesia, akan lebih memberikan warna baru dan juga akan meramaikan pasar elektrifikasi di Indonesia," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com