Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir, Mercedes-Benz G-Class Terperosok Masuk Selokan Pinggir Rel

Kompas.com - 07/01/2024, 08:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya membuat sejumlah ruas jalan banjir pada Sabtu (6/1/2024). Akibatnya ruas jalan tertutup genangan air sehingga menyulitkan pengemudi.

Salah satu video yang diunggah akun Instagram, Indocarstuff, memperlihatkan mobil yang terperosok ke dalam lubang selokan. Diduga pengemudi tidak melihat lubang karena tertutup air yang menggenang di jalan.

Baca juga: Chery Tiggo 7 Pro Diklaim Terjual 200.000 Unit di Dunia Selama 2023

"Waduh G class jeblos ke lobang yang tertutup genangan banjir nih. Sayang banget. Kejadian di daerah Bintaro menurut informasi. Lagi musim banjir nih ges, hati-hati selalu," tulis keterangan video, dikutip Minggu (7/1/2024).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indocarstuff (@indocarstuff)

Pemandangan mobil terperosok tersebut cukup miri,s sebab sebetulnya G-Class merupakan Sport Utility Vehicle (SUV) kebanggaan Mercedes-Benz yang didesain untuk menaklukkan segala medan.

Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, mengatakan, pada musim hujan biasanya banyak muncul lubang baru di jalan raya.

Kondisi ini perlu diwaspadai oleh para pemakai jalan raya karena karena lubang bisa tertutup air sehingga tidak terdeteksi.

Baca juga: Ketahui Teknik Mengerem Motor yang Benar Saat Hujan dan Jalan Basah

“Hal yang menjadi masalah itu ketika lubang itu tidak terlihat karena tertutup oleh genangan air, dan ini menjadi masalah. Ini perlu menjadi perhatian bagi para pengendara,” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jusri menilai memang sulit melihat kondisi jalan yang tertutup jalan apakah ada lubang, got atau saluran air jika jalan tertutup genangan air. Namun triknya ialah jangan posisikan mobil ke bibir jalan, usahakan berada di tengah.

Jalan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah masih terendam banjirKOMPAS.COM/Muchamad Dafi Yusuf Jalan Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah masih terendam banjir
Baca juga: Satu-satunya Mekanik Marc Marquez yang Ikut dari Honda ke Ducati

“Kalau kendaraan roda empat paling hanya merasakan ketidaknyamanan saat melintasi lubang itu. Tapi bagi pengendara kendaraan roda dua bisa kehilangan keseimbangan,” katanya.

Maka dari itu, Jusri pun mengimbau kepada pengendara kendaraan agar lebih waspada saat melintasi jalanan yang tertutup air.

“Kalau ada jalan yang tergenang atau tertutup air sebaiknya berhati-hati, karena bisa saja itu gorong-gorong sehingga akan menyebabkan kecelakaan. Jangan mengambil risiko dan jangan menerabasnya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com