Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Harus Dicek Saat Beli Mobil Baru dan Dikirim Dari Diler

Kompas.com - 02/01/2024, 10:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil baru dari diler merupakan impian buat sebagian orang. Karena itu saat proses serah terima konsumen wajib mengecek keadaan mobil yang akan diserahkan.

Salah satu sales diler Toyota yang minta identitasnya minta dirahasiakan, mengatakan, saat serah terima mobil dari diler ke konsumen, pihak sales biasanya punya daftar checklist jadi konsumen tinggal memantau saja.

Baca juga: Kemendag Panggil Daihatsu Soal Skandal Uji Keselamatan, Ini Hasilnya

"Ada checklist, sales bawa kertas apa saja yang meski checklist, misalnya keadaan bodi kanan-kiri, depan-belakang. Interior bersih tidak, kelengkapan-kelengkapan lain termasuk buku servis," kata sales tersebut kepada Kompas.com, akhir tahun lalu.

Test drive mobil bekas All New Toyota Avanza milik mobil88Kompas.com/Donny Test drive mobil bekas All New Toyota Avanza milik mobil88

"Kelengkapan juga termasuk lampu depan-belakang, sein. Pada dasarnya checklist-nya ialah untuk eksterior, interior, dan dokumen," ujar sales tersebut.

Dilansir dari laman resmi Mitsubishi Indonesia, sebelum mobil diserahkan kepada konsumen pihak diler sebetulnya sudah memeriksa kondisi mobil.

Proses tersebut memiliki standarisasi pengiriman bernama Pre Delivery Inspection (PDI) yang harus dilakukan diler untuk memastikan unit yang dikirim ke konsumen tidak mengalami masalah dan kondisinya benar-benar baru.

Namun, tak ada salahnya saat serah terima konsumen juga kembali mengecek dan meneliti mobil yang dikirim. Mitsubishi menyebut baiknya konsumen memerhatikan unit secara seksama saat penyerahan mobil.

Baca juga: Liburan Pakai Mobil Listrik, Begini Cara Pakai SPKLU PLN

Diler MitsubishiPT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) Diler Mitsubishi

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat serah terima mobil baru.

1. Minta pengiriman siang hari

Pihak diler selalu mengutamakan pengiriman mobil ke konsumen di siang hari, namun ada juga karena keterbatasan konsumen harus bekerja minta dikirimnya malam hari setelah pulang kerja.

Keputusan ini sebaiknya dihindari, usahakan serah terima unit dilakukan siang hari. Tujuannya supaya bisa melakukan pengecekan dengan seksama di saat cahaya masih terang.

2. Cek seluruh eksterior

Pastikan Anda melakukan pengecekan di setiap sisi kendaraan, terutama di bagian luar. Periksa apakah kondisi bodi mobil dan cat sesuai ekspektasi.

Baca juga: Siang Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas Arus Balik Tahun Baru

3. Periksa bagian kabin

Jangan lupa cek kondisi bagian dalam kabin. Umumnya mobil baru akan dikirimkan lengkap dengan plastik pembungkus di bagian dalam mobil.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com