Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Tahun Baruan di Puncak, Diimbau Berangkat Sebelum 15.00 WIB

Kompas.com - 31/12/2023, 11:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur Puncak, Bogor, merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu libur tahun baru, khususnya bagi warga Jakarta.

Namun, harus dicatat bahwa pihak kepolisian akan memberlakukan malam tanpa kendaraan alias car free night (CFN) di jalur wisata Puncak.

Malam tanpa kendaraan di jalur wisata Puncak akan diberlakukan mulai 31 Desember 2023 pukul 21.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB.

Baca juga: Dianggap Menyilaukan, Polri Kaji Perubahan Warna Rotator Mobil Patroli

Kemudian arus lalu lintas dari arah arah Jakarta, Bandung, atau Cianjur juga akan dialihkan mulai pada 31 Desember 2023 pukul 18.00 WIB, sampai dengan 1 Januari 2024 pukul 06.00 WIB.

Selain itu, pihak kepolisian juga akan melakukan rekayasa lalu lintas lain, seperti sistem ganjil genap. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021, dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut bahwa jalur puncak merupakan destinasi favorit bagi wisatawan yang hendak menghabiskan waktu libur tahun baru, khususnya bagi warga Jakarta.

Situasi arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (24/4/2023) siangKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Situasi arus lalu lintas di ruas Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat, Senin (24/4/2023) siang

“Melihat kemarin (periode libur Natal 2023) ada 50.000 lebih kendaraan yang masuk ke Puncak padahal kapasitas jalur Puncak hanya 40.000 dalam satu hari ada kapasitas yang berlebih sehingga kita melakukan upaya rekayasa lalu lintas,” ucap Aan, dikutip dari Humas Polri, Minggu (31/12/2023).

Aan juga mengimbau kepada masyarakat yang berencana menghabiskan malam tahun baru di area Puncak untuk segera naik ke atas sebelum pukul 15.00 WIB demi mengantisipasi terjadinya kepadatan.

Baca juga: Arus Balik Terjadi 1 Januari 2023, Ini Prediksi Jalur Terpadat

“Kemudian bagi warga dan masyarakat yang lain yang tidak menginap di Puncak silahkan nanti kita (petugas) sudah mengatur jalur-jalur alternatif mengarah ke Puncak, jalur alternatif sudah cukup baik,” kata Aan.

Untuk itu, bagi masyarakat yang berencana menghabiskan malam tahun baru di area Puncak sebaiknya merencanakan waktu perjalanan dengan baik demi mengantisipasi terjadinya kepadatan.

Jangan sampai rencana untuk menghabiskan malam Tahun Baru yang menyenangkan jadi gagal karena terjebak kemacetan di kawasan Puncak, Bogor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com