Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Polisi Imbau Masyarakat Soal Manajemen Perjalanan

Kompas.com - 29/12/2023, 21:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Juru Bicara Operasi Kepolisian Terpusat Lilin 2023 Divisi Humas Polri, Kombes Pol. Ade Yaya Suryana, kembali mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan akhir tahun agar kembali mempertimbangkan lalu lintas.

Pasalnya, jelang akhir tahun, arus lalu lintas terpantau padat di berbagai titik, termasuk yang menuju luar kota.

Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan balik Natal 2023.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kepolisian, pada 28 Desember 2023 total kendaraan yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama (arah Trans Jawa) sebanyak 34.113 kendaraan.

Baca juga: Video Viral, Masih Banyak yang Goyangkan Kendaraan Saat Isi Bensin

Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek JASA MARGA Contraflow di Tol Jakarta-Cikampek

"Sedangkan untuk yang masuk Jakarta melalui Gerbang Tol Cikampek Utama sebanyak 33.163 kendaraan," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (29/12/2023).

Sementara itu, jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Kalihurip Utama (arah Bandung) sebanyak 33.100 kendaraan. Untuk yang masuk 31.452 kendaraan.

Kemudian, jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Cikupa (arah Merak) sebanyak 40.697 kendaraan, sedangkan untuk yang masuk Jakarta sebanyak 41.507 kendaraan.

Selanjutnya, jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Ciawi (arah Puncak) sebanyak 35.784 kendaraan, sedangkan untuk yang masuk Jakarta melalui Gerbang Tol Ciawi sebanyak 33.793 kendaraan.

Baca juga: Lakukan Ini Setelah Mengisi Radiator dengan Air Biasa

Kondisi kemacetan yang terjadi di pintu masuk Puncak atau tepatnya di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/12/2023) pukul 09.30 WIBKOMPAS.COM/AFDHALUL IKHSAN Kondisi kemacetan yang terjadi di pintu masuk Puncak atau tepatnya di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/12/2023) pukul 09.30 WIB

Terakhir, jumlah kendaraan yang keluar Jakarta melalui Gerbang Tol Merak sebanyak 9.326 kendaraan dan yang masuk sebanyak 8.204 kendaraan.

Maka, Ade mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dan balik Natal 2023 agar memastikan kondisi fisik sehat, serta periksa kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

"Selain itu, manfaatkan rest area seefektif mungkin untuk beristirahat dan pastikan saldo uang elektronik mencukupi," kata dia.

"Untuk para pemudik yang akan ataupun sedang melakukan perjalanan dapat mengakses aplikasi Google Maps untuk mendapatkan informasi mengenai arus lalu lintas," lanjut Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com